HOME » BERITA » JELANG MUSIM MUDIK BRIDGESTONE KAMPANYE KESELAMATAN BAN

Jelang Musim Mudik Bridgestone Kampanye Keselamatan Ban

Rabu, 24 Mei 2017 13:15

Jelang Musim Mudik Bridgestone Kampanye Keselamatan Ban
Bridgestone (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah | Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Ban menjadi komponen yang tidak boleh disepelekan dalam berkendara karena bersentuhan langsung dengan aspal jalan. Jika diabaikan pengendara, maka resiko kecelakaan akan sangat besar.

Terkait dengan keselamatan ban, PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) kembali melakukan kampanye Tire Safety dari tanggal 20 hingga 24 Mei 2017 atau selama 5 hari di lokasi peristirahatan KM57, Tol Cikampek, Jawa Barat. Ini adalah kampanye ke-9 yang diadakan Bridgestone secara berturut-turut sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2009.

Selain di lokasi peristirahatan KM57, Tol Cikampek, Jawa Barat, kampanye Tire Safety tahun ini juga berlangsung di cabang-cabang TOMO Bridgestone di seluruh Indonesia yaitu di area Jabodetabek sebanyak 44 cabang, Jawa Barat 16 cabang, Jawa Tengah 13 cabang, Jawa Timur 18 cabang, Kalimantan 15 cabang, Sulawesi 4 cabang dan Sumatera 14 cabang.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk mengingatkan pengendara soal keselematan ban, terutama mendekati musim mudik Lebaran.

Tema kampanye Tire Safety yang diusung tahun ini adalah “Ban Sehat, Anda Selamat”, di mana ban yang memiliki tekanan udara yang tepat dapat membebaskan Anda dari masalah berkendara dan meningkatkan kualitas keamanan itu sendiri.

Kampanye tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya.

Tahun ini juga Kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety Campaign) mengedepankan tiga faktor utama yang akan membuat berkendara lebih aman. Pemilihan ban yang tepat (Right Tire) merupakan faktor yang paling penting dalam hal meningkatkan keselamatan dalam keadaan jalan yang beragam. Tekanan ban yang tepat serta kehausan pemakaian ban juga merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai berkendara.

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan bahwa ban dalam keadaan tidak rusak serta permukaan yang tidak rata dimana itu memiliki peranan penting yang sangat krusial dalam keselamatan berkendara.

“Kami sangat bangga dapat kembali menggelar kampanye tahunan tire safety untuk ke-9 kali secara berutur-turut di Indonesia. Bahkan tahun ini kampanye tire safety juga kami lakukan di Toko Model kami, di hampir seluruh Indonesia. Kami sangat antusias untuk dapat menyelenggarakan hingga satu dekade kampanye serupa yang tinggal satu tahun ke depan saja,” ujar Toshihiro Fujiki, Sales & Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia.

Tenaga ahli Bridgestone Tire Safety di lokasi kampanye akan memeriksa kondisi ban kendaraan seluruh pengunjung dan membagikan pengetahuan akan perawatan ban untuk mendapatkan performa berkendara yang optimal dan tentunya aman. Juga, para pengendara diajarkan cara memeriksa tapak ban untuk menghindari bahaya akibat kerusakan pada ban yang sudah aus atau rusak sekalipun.

Selain itu, pengisian tekanan udara pada ban secara tepat dapat mencegah kerusakan ban dan mengurangi resiko keausan. Ban yang kurang angin juga dapat berakibat buruk pada performa kendaraan yang bisa berujung pada kecelakaan dalam berkendara.

Memeriksa tekanan angin ban secara tepat serta kondisi fisik ban seperti pada tapak ban merupakan cara termudah dan penting yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk selalu aman di jalan. Waktu yang dibutuhkan untuk semua hal itu cukup singkat dan hanya perlu alat yang sederhana. Para pengendara pun dapat memeriksa ban kendaraan mereka sendiri atau mendatangi gerai Toko Model (TOMO) sebagai Bridgestone Authorized Retail untuk mendapatkan bantuan dari tenaga ahli Bridgestone.

Berdasarkan jumlah pengunjung beberapa tahun sebelumnya, pengunjung kampanye Tire Safety telah sukses meningkat dari tahun ke tahun. Sementara di lima tahun pertama penyelenggaraan kampanye, jumlah peserta yang hadir meningkat dua kali lipat dari 1.752 peserta di 2009 menjadi 3.393 di 2013.

Sedangkan di 2014, terdapat penurunan peserta secara signifikan yang ditenggarai akibat dihentikannya penjualan bahan bakar bersubsidi di jalan bebas hambatan.

Sementara itu, di 2015, ketika kebijakan penjualan bahan bakar bersubsidi di jalan tol kembali diijinkan, jumlah peserta kampanye pun meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kebanyakan para peserta kampanye tire safety datang dengan kesadaran akan pentingnya keamanan dan kenyamanan berkendara,” tutup Toshihiro Fujiki.

 (kpl/nzr/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER