HOME » BERITA » JENIS PELANGGARAN SEPEDA MOTOR YANG TEREKAM KAMERA ETLE, AWAS KENA TILANG

Jenis Pelanggaran Sepeda Motor yang Terekam Kamera ETLE, Awas Kena Tilang

Mulai februari 2020, tilang elektronik atau ETLE juga akan berlaku untuk sepeda motor.

Jum'at, 24 Januari 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Jenis Pelanggaran Sepeda Motor yang Terekam Kamera ETLE, Awas Kena Tilang

OTOSIA.COM - Polisi akan menerapkan sistem tilang elektronik (ETLE) untuk pengguna sepeda motor mulai Februari 2020. Hanya saja, pada sepekan pertama polisi masih memberikan pemakluman lantaran masih dalam tahap sosialisasi.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, akan ada 57 kamera yang terpasang. Yakni tepasang di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga jalan MH Thamrin.

"Kemudian, di jalur Transjakarta koridor 6 rute Ragunan-Monas, tepatnya di depan kantor Imigrasi, jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan," terang Fahri, Kamis (23/1/2020).

1 dari 1 Halaman

Ada tiga pelanggaran yang bisa terdeteksi kamera ETLE, yakni pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran marka jalan, dan penggunaan helm. Sementara itu sistem kerjanya tak jauh berbeda dengan sistem tilang elektronik yang diterapkan untuk mobil.

Pelanggar yang tak segera melakukan pembayaran denda akan mendapatkan pemblokiran STNK. Kemudian, STNK tersebut baru bisa diaktifkan kembali setelah pelanggar membayar denda tilang.

Denda yang dikenakan sesuai denan jenis pelanggaran yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR