HOME » BERITA » JEPANG GEMPA, TOYOTA BERHENTI PRODUKSI

Jepang Gempa, Toyota Berhenti Produksi

Minggu, 09 September 2018 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by VOA Indonesia

OTOSIA.COM - Gempa besar yang mengguncang Hokkaido, Jepang Utara pada Kamis (6/9/2018) berimbas pada produktivitas Toyota. Pabrikan raksasa otomotif itu berhenti produksi.

Melansir Zing, Toyota mulai memberhentikan produksi pada Sabtu (8/9/2018), yaitu pabrik Kyushu, Tahara, dan Toyota Auto Body. Di sinilah Lexus, Toyota Land Cruiser, dan mobil lainnya diproduksi untuk pasar luar negeri.

Juru bicara Toyota, Aikiko Kita mengatakan, penutupan pabrik akan mempengaruhi seluruh jajaran Toyota dan Lexus di Jepang, dengan pengecualian dua pabrik Daihatsu yang jug memproduksi mobil Toyota.

Toyota memiliki total 18 produsen mobil di Jepang. Perusahaan tak mengatakan apakah penutupan jalur produksi dalam negeri akan mempengaruhi operasinya di luar negeri.

Toyota juga memiliki pabrik di Tomakomai, Hokkaido, yang memroduksi transmsi otomatis dan continously variable transmission (CVT).

Toyota pun tak mengatakan kpaan proses produksi akan dilanjutkan kembali. Juru bicara Toyota Amerika Utara mengatakan bahwa pemberhentian produksi ini tak akan berdampak besar untuk operasi Amerika Utara.

Sementara itu, juru bicara Nissan Motor Co, Koji Okuda mengatakan bahwa perusahaan tak berharap akan adanya gangguan produksi dari gempa. Nissan memang memiliki lahan di sana, dan operasi di sana sementara dihentikan karena pemadaman listrik

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR