HOME » BERITA » JIKA SHIFT LOCK MOBIL MATIK AKTIF, JANGAN PERNAH TARIK REM PARKIR

Jika Shift Lock Mobil Matik Aktif, Jangan Pernah Tarik Rem Parkir

Mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik disebut tak bisa didorong jika sudah parkir. Mungkin itu dulu.

Sabtu, 03 November 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi transmisi otomatis (Suzuki Indonesia)

OTOSIA.COM - Mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik disebut tak bisa didorong jika sudah parkir. Mungkin itu dulu.

Mobil matik kekinian tak begitu lagi. Dengan adanya tombol shift lock mobil matik yang sedang parkir pun bisa didorong jika menghalangi kendaraan lain.

Seperti dijelaskan dalam laman resmi Suzuki Indonesia, tombol shift lock berfungsi untuk membuat transmisi mobil bisa dipindahkan dari P (parkir) ke N (netral).

Mekanismenya, setelah pengemudi sudah memindahkan tuas transmisi ke posisi P, maka mesin harus dimatikan terlebih dahulu. selanjutnya tekan tombol shift lock dan kemudian geser kembali transmisi ke posisi N.

Perlu diingat, setelah shift lock diaktifkan jangan menarik tuas rem parkir. Sebab, akan sia-sia. Roda mobil akan kembali terkunci dan tidak akan bisa didorong untuk digeser-geser.

Tanpa adanya shift lock, transmisi tidak bisa dipindahkan ke posisi N langsung dari P. Jika langsung dipindahkan, biasanya kunci kontak tak bisa dicabut atau bahkan mesin mobil tak bisa dimatikan sebelum transmisi berada pada posisi P.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR