HOME » BERITA » JIKA TAK DIGANTI, APA EFEK DARI PELUMAS TRANSMISI?

Jika Tak Diganti, Apa Efek dari Pelumas Transmisi?

Rabu, 19 April 2017 17:15

Jika Tak Diganti, Apa Efek dari Pelumas Transmisi?
Transmisi (foto: Chris Fix)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Bagi masyarakat awam maupun pengendara yang baru tahu mengenai mekanisme dan cara kerja dari mobil, bisa jadi akan kaget jika ternyata di dalam body mobil ada dua jenis pelumas. Yakni pelumas mesin dan pelumas transmisi, keduanya sama-sama pelumas tapi beda fungsi.

Yang sudah diketahui adalah pelumas mesin, dimana pelumas ini berfungsi untuk membuat mesin tetap dingin dan meminimalisir friksi yang terjadi antara piston dan mesin itu sendiri. Sementara, pelumas transmisi fungsinya mengurangi friksi yang terjadi di dalam sistem transmisi utamanya transmisi automatic.

Keberadaan pelumas transmisi yang kotor maupun terlampau encer akan sangat berbahaya bagi proses perpindahan gigi automatic. Contoh, jika kepadatan pelumas terganggu karena sudah kotor dan terlampau lama untuk diganti maka efek yang terjadi pada transmisi akan termultiplikasi. Bahkan bisa jadi lebih parah daripada transmisi manual.

Komponen yang akan berpotensi mengalami kerusakan antara lain kanvas kopling. Bagian ini bisa saja akan aus dalam waktu yang amat cepat jika tidak segera diganti dengan pelumas transmisi yang lebih baru. Nah, untuk lebih jelasnya simak video ChrisFix berikut ya!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-20
detail

BERITA POPULER