HOME » BERITA » JIMNY, LEGENDA YANG TAK KUNJUNG MENUA

Jimny, Legenda yang Tak Kunjung Menua

Jum'at, 05 Mei 2017 17:15

Jimny, Legenda yang Tak Kunjung Menua
Jimny (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Untuk urusan mobil offroad, para petrolheads terutama yang hidup di Indonesia punya dua nama unggulan untuk bisa dibeli maupun dijadikan acuan. Kalau tidak Jeep ya Jimny, di beberapa kasus malah Jimny Kutrik masih jadi primadona.

Sejatinya perlu diluruskan antara Jimny dan garis keturunannya yang terbaru. Karena Jimny bukan hanya merupakan satu mobil maupun satu tipe saja, melainkan satu garis produksi yang menggarisbawahi produksi mobil mini SUV dari Suzuki.

Sebagai mobil mini SUV, Jimny terbilang tangguh. Pada awal kemunculannya saja, sekalipun berkapasitas mesin kecil namun cukup reliable dan sanggup menempuh medium berat yang bahkan mobil dengan kapasitas mesin lebih besar saja kesusahan.

Awal dari garis dan torehan legenda mobil ini sejatinya tak murni berawal dari Suzuki. Terutama pada saat Suzuki mengakuisisi sebuah perusahaan dengan nama Hope Motor Company yang saat itu sempat menghasilkan produk HopeStar ON360.

Dengan menunggangi nama 'Jeep', akhirnya Suzuki merilis Suzuki LJ10 dengan kepanjangan 'Light Jeep'. Mobil ini menggunakan mesin kecil dengan ukuran 360cc yang berpendingin udara, dua-tak dengan silinder berjumlah 2 buah dengan sistem inline pada tahun 1970.

Suzuki LJ yang di beberapa negara termasuk Jerman disebut dengan Eljot ini bertahan dalam waktu yang ternyata cukup lama. Pertama kali rilis dengan nama LJ10 pada 1970, ternyata produk yang sama namun dengan update pada LJ20 dirilis terakhir kali pada 1980.

Bedanya adalah bahwa update yang diberikan pada LJ20 menambahkan daya dorong sehingga kecepatan maksimal mobil bisa mencapai 80 km/jam saat itu. Plus lagi juga dengan penggantian gril yang sebelumnya horizontal menjadi vertikal.

Generasi kedua kemudian muncul pada tahun 1981, dimana Jepang pada akhirnya mengembalikan rumah asal Suzuki untuk kemudian memproduksi SJ30 di Hamamatsu. Dan di sinilah nama Jimny kemudian terbang tinggi menjulang reputasi yang luar biasa di mata petrolheads dunia.

Selain itu, Jimny ternyata juga menularkan DNA-nya pada banyak mobil yang disebar ke seluruh dunia. Salah satunya adalah Katana yang rilis di Indonesia. Selain itu ada Suzuki Samurai, Suzuki Potohar, Maruti Gypsy dan dengan nama yang berbeda pada negara yang berbeda.

Bahkan luar biasanya, semenjak muncul pada tahun 1990-an, Katana yang juga mengemban DNA dari Suzuki Jimny bahkan diteruskan hingga mobil terakhirnya yang diproduksi pada tahun 2005. Pada tahun-tahun ini, orang mulai mengenal Suzuki tak cuma Jimny dan Katana, namun juga Escudo dengan varian Vitara dan Sidekick.

Generasi ketiga dari mobil ini dimulai pada tahn 1998 dimana mobil SUV Suzuki ini ikut dikategorikan sebagai kei car, alias mobil mini. Dan jika dilihat secara varian, Suzuki kemudian menyediakan Suzuki Jimny Wide dan Jimny Sierra untuk beberapa negara seperti Jepang, Kolombia dan Brazil.

 (kpl/fjr)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER