HOME » BERITA » JOHANN ZARCO AKUI FISIKNYA BELUM KUAT UNTUK MOTOGP

Johann Zarco Akui Fisiknya Belum Kuat Untuk MotoGP

Johann Zarco boleh saja tampil menggebrak di MotoGP 2017, namun rider Tech 3 Yamaha ini mengaku fisiknya belum benar-benar kuat untuk mengendalikan motor bertenaga besar.

Kamis, 14 Desember 2017 10:15
Johann Zarco (c) Tech 3

Otosia.com - Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco boleh jadi membuat banyak orang takjub atas gebrakan-gebrakannya dalam tahun pertamanya di MotoGP musim ini. Meski begitu, rider Prancis ini menyatakan bahwa fisiknya belum sepenuhnya beradaptasi dengan tenaga motor MotoGP yang cukup besar.


Sebelum naik ke MotoGP, Zarco lebih dulu turun di Moto2 selama lima tahun, termasuk saat ia merebut gelar dunia pada 2015 dan 2016. Tentu mengadaptasikan kondisi fisik dengan motor-motor MotoGP tak pernah mudah, mengingat para rider harus membentuk otot-otot tertentu dan menjaga pola makannya.


"Pada tahun pertama saya di MotoGP, saya tak selalu bisa melakukan hal-hal heroik. Tapi saya telah membuktikan bahwa saya kompetitif. Saat menghadapi kesulitan, masalah saya tetap sama. Kami selalu bicara soal feeling pada mesin, yang terkadang tak sempurna," ujarnya kepada Speedweek.
Johann Zarco (c) AFP
Zarco pun menyatakan bahwa kondisi tersulit bagi fisiknya adalah saat harus tampil di sirkuit-sirkuit non-Eropa, terutama di tiga seri flyaway, yakni Jepang, Australia dan Malaysia. Tahun depan, MotoGP bahkan juga bakal mampir ke Thailand, yang dikenal dengan cuacanya yang panas dan lembap.


"Kini saya sudah bisa melaju cepat di kelas tertinggi. Tapi saya masih harus beradaptasi, terutama balapan di luar Eropa. Saya harus bisa membawa motor kami mencapai limit, tapi nyatanya saya hanya bisa ngotot selama 10-15 menit. Mestinya, saya harus melakukannya selama 40 menit," ungkap rider 27 tahun ini.


Meski begitu, Zarco mengaku telah mempersiapkan latihan khusus untuk kebugarannya. "Kami sudah punya rencana selama musim dingin. Sepanjang musim balap, Anda takkan pernah benar-benar bisa mengatasi masalah. Tapi di musim dingin, Anda bisa bersiap lebih matang agar lebih kuat di musim depan," pungkasnya. (sw/kny)

BERI KOMENTAR