HOME » BERITA » JOKOWI MINTA JANGAN PERSULIT INVESTOR OTOMOTIF

Jokowi Minta Jangan Persulit Investor Otomotif

Rabu, 26 April 2017 11:45

Jokowi Minta Jangan Persulit Investor Otomotif
Foto: Hafid
Editor : Ahmad Khoirudin | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka pabrik terbaru Mitsubishi yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan pentingnya investor sebagai penggerak ekonomi Indonesia.

Didasari hal tersebut, Jokowi mengharapkan agar tidak ada upaya mempersulit para investor yang ingin menanamkan modalnya, khususnya sektor otomotif.

Pasalnya, terkait sektor otomotif, terdapat potensi pasar yang begitu besar. Ia meyakini hal ini menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi di Indonesia.

"Indonesia sekarang semakin kompetitif untuk industri otomotif. Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia rata-rata 10 persen lebih. Artinya dengan pasar yang begitu besar seperti itu, saya yakini bahwa banyak atau lebih banyak lagi investasi yang akan masuk ke Indonesia," ucap Jokowi di peresmian pabrik Mitsubishi di Cikarang, Selasa (25/4).

Tak hanya itu, investasi pun dinilai Jokowi seagai sarana penyedia lapangan pekerja. Namun demikian Jokowi berharap hal tersebut tak hanya terbatas pada pemberian lapangan kerja, namun juga peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

"Kita juga harus pastikan bahwa kemampuan SDM kita bisa memenuhi kebutuhan industri yang berinvestasi di Indonesia. Kemampuan SDM adalah salah satu pilar dalam kebijakan ekonomi yang baru dikeluarkan pemerintah," jelas Jokowi.

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pendidikan vokasi agar menyesuaikan terhadap kebutuhan industrinya, sehingga kemampuan mereka dapat terbukti secara nyata dan dapat bersaing dengan baik.

"Di sini kita akan menempuh penguatan sekolah vokasi dan pelatihan, pemerintah akan terus mengeluarkan kebijakan yang menemukan kecocokan kerja antara vokasi dan industri. Sehingga vokasi kita tidak hanya handal di kelas namun juga di lapangan.," ucap Jokowi

 (kpl/fid/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER