HOME » BERITA » JUTAAN KUNCI MOBIL TOYOTA, HYUNDAI, DAN KIA RENTAN DIKLONING

Jutaan Kunci Mobil Toyota, Hyundai, dan Kia Rentan Dikloning

Perangkat relay kerap dipakai untuk meretas kunci mobil. Sistem proteksi sinyal kunci mobil Toyota, Hyundai, dan Kia disebut yang paling rentan untuk dikloning.

Senin, 09 Maret 2020 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Jutaan Kunci Mobil Toyota, Hyundai, dan Kia Rentan Dikloning
Pencurian mobil Tesla terekam CCTV (Ilustrasi/Autoevolution)

OTOSIA.COM - Teknologi keamanan mobil masa kini ditingkatkan. Tapi skill para pencuri rupanya mengikut perkembangan zaman. Lihat saja, banyak video CCTV yang beredar dan menunjukkan aksi para maling yang berhasil menggondol mobil ternama hanya dalam waktu hitungan detik.

Dilansir dari The Drive, peneletian mengungkapkan bahwa ada celah besar pada teknologi yang dibuat para produsen mobil. Itulah yang dimanfaatkan oleh pencuri dengan mendeteksi sinyal kunci mobil menggunakan perangkat transmitter atau sejenisnya,

Para pencuri cukup membawa perangkat tersebut dan mendekatkannya dengan mobil ketika pemilik menggunakan kunci fob untuk membuka atua menguncinya. Kemudian, mengacak sinyal hingga membuat mobil menganggap transmiter tersebut adalah kunci aslinya.

1 dari 1 Halaman

Jutaan Kunci Mobil Toyota, Hyundai, dan Kia Rentan Dikloning

Beberapa pabrikan bahkan memberikan perlindungan terhadap sinyal itu. Seperti Toyota yang menggunakan seri angka dengan sinyal terekripsi. Sedangkan Hyundai dan Kia menggunakan 24 digit angka acak sebagai perlindungan.

Meski begitu, peneliti mengatakan kepada Wired bahwa 24 digit angka itu bisa dengan mudah diretas. Bahkan hanya butuh waktu 2 milidetik pada laptop.

Sementara itu, Hyundai mengatakan bahwa tak ada mobil mereka yang dicuri hingga saat ini di Amerika Serikat. Sedangkan Toyota mengklaim bahwa kunci yang rentan diretas itu adalah model lama.

BERI KOMENTAR