HOME » BERITA » KACA FILM BERPOTENSI MENGUNDANG BAHAYA SAAT HUJAN

Kaca Film Berpotensi Mengundang Bahaya Saat Hujan

Kaca film dengan tingkat kegelapan di atas 40 persen dan kualitasnya buruk berpotensi menimbulkan bahaya saat hujan karena visibilitas menjadi terbatas.

Selasa, 02 Februari 2021 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Kaca Film Berpotensi Mengundang Bahaya Saat Hujan
Ilustrasi berkendara saat hujan (whichcar.com.au)

OTOSIA.COM - Kaca film pada kendaraan mempunyai fungsi untuk menolak sinar matahari. Namun kaca film juga bisa mengganggu visibilitas saat berkendara di cuaca hujan. Pasalnya visibilitas saat berkendara di musim hujan jelas sangat berbeda dengan kondisi cuaca normal.

"Sangat penting untuk memperhatikan soal visibilitas, karena ini yang membuat kita bisa fokus dalam berkendara. Kalau visibilitas tidak bagus, maka otomatis membuat kewaspadaan berkendara akan berkurang," kata Billy Susanto, Head of Aftersales PT. V-KOOL Indo Lestari.

1 dari 2 Halaman

Kaca mobil yang berembun ketika hujan dapat mengganggu pandangan pengemudi serta dapat berakibat bahaya. Pandangan jadi buram sehingga pengemudi sulit melihat dengan jelas dan berpotensi menabrak.

Karenanya pemilihan kaca film sangat penting. Apalagi saat hujan, terkadang pandangan terganggu oleh kaca film yang terlalu gelap ataupun buram.

"Pastikan kaca film Anda berkualitas baik, sehingga kejelasan daya pandang yang dihasilkan tidak berkurang," imbuhnya.

2 dari 2 Halaman

Billy meyarankan untuk memilih kaca film yang berkualitas, dengan tingkat kegelapan tidak lebih dari 40 persen untuk kaca depan. Penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen bisa mengurangi pandangan terutama jika malam hari dan atau pada saat hujan sangat lebat.

Lebih jauh dijelaskan, AC juga dapat mengganggu penglihatan. AC yang tidak dapat menyala dengan maksimal membuat suhu kabin jadi sedikit lebih hangat ketimbang suhu luar sehingga embun menyelimuti kaca dalam.

"Sebaiknya tetap melakukan perawatan atau perbaikan mobil agar tidak ada lagi embun yang muncul. Lakukan penggantian karet wiper yang sudah getas atau perbaiki AC apabila hembusannya sudah kurang sejuk," pungkasnya.

BERI KOMENTAR