HOME » BERITA » KACA SUV TERIOS CUSTOM TERLALU GELAP, LANGGAR ATURAN?

Kaca SUV Terios Custom Terlalu Gelap, Langgar Aturan?

Jum'at, 19 Februari 2016 20:15

Kaca SUV Terios Custom Terlalu Gelap, Langgar Aturan?
Foto: Nazar
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - SUV Terios Custom tampil dengan paduan dua tone warna, dan didukung oleh kaca film yang gelap. Hal itu membuat wujudnya menekankan citra "custom". Namun, ada dugaan, kaca tersebut terlampau gelap.

Saat ditanya mengenai hal ini, Marketing and Customer Relation Head Division PT Astra International, Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan bahwa kaca gelap yang dimaksud bisa berbeda secara jenis.

"Misalnya kaca film yang sama, sama-sama 40 persen. Namun, jika diperhatikan, ada yang 40 persennya istilahnya VIP, yang kalau kita lihat benar-benar kita tidak bisa melihat sama sekali ke dalam. Namun, ada juga yang sama, tetapi bukan VIP, tidak ada putih-putihnya. Itu masih bisa kita lihat ke dalam. Jadi, dengan kegelapan yang sama, tetapi dengan tipe berbeda sehingga memberikan perbedaan," urainya.

Peraturan mengenai standar kaca pada mobil antara lain tertera pada PP Nomor 55 Tahun 2012. Aturan itu antara lain tertera di Pasal 58 ayat 3 bahwa kaca harus memenuhi persyaratan antara lain bening dan tidak mudah pudar dan tidak mengganggu penglihatan pengemudi.

Adapun di pasar yang sama ayat 5 disebutkan bahwa kaca sebagaimana dimaksud pada ayat 3 mempunyai tingkat kegelapan tertentu. Lebih jauh, ada aturan pula bahwa batas maksimal level gelap tersebut adalah 60 persen. Lalu berapa persen yang dipakai Terios Custom?

"Kalau tidak salah 60 persen. Namun, saya rasa, tidak melanggar aturan yang ada. Yang saya maksud di sini adalah yang tidak memantul sehingga gelapnya itu solid. Jadi ini bisa jadi gambaran, kalau mau beli kaca film, ada yang doff. Ini hitamnya sama, tetapi seolah-olah lebih pekat. Ini yang kami pakai yang seperti itu," ujarnya.

(kpl/why/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-22
detail

BERITA POPULER