HOME » BERITA » DUKUNG UMKM, PUTRA JOKOWI GAET KENDARAAN LISTRIK GELIS

Dukung UMKM, Putra Jokowi Gaet Kendaraan Listrik Gelis

PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT) milik Kaesang Pangarep, putra Presiden RI Joko Widodo, baru saja menggaet kendaraan listrik baru bernama Gelis untuk UMKM.

Rabu, 17 Februari 2021 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Dukung UMKM, Putra Jokowi Gaet Kendaraan Listrik Gelis
Gelis jadi armada operasional GK Hebat (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - GK Hebat yang merupakan pendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bawah PT Harapan Bangsa Kita (Hebat) milik Kaesang Pangarep, putra Presiden RI Joko Widodo, baru saja menggaet kendaraan listrik baru bernama Gelis.

Gelis atau gerobak listrik merupakan motor niaga roda tiga berpenggerak listrik. GK Hebat kemudian menyebut gerakan ini sebagai kolaborasi Gelis x Hebat. Gerobak listrik Gelis dalam hal ini menjadi alat transportasi niaga untuk mendukung UMKM di Indonesia.

Masih minimnya modernisasi pada UMKM membuat GK Hebat memandang bahwa menggaet Gelis bisa menjadi solusi, apalagi di masa perubahan bentuk ekonomi pandami dan pasca-pandemi nantinya.

"Peran sesungguhnya setelah masa pandemi (terjadi ketika) semua start dari nol, dan sekarang (mode bisnis) lebih ke serve people operational. Dengan gerobal listrik ini bisa berpindah-pindah tempat," kata CMO GK Hebat, Ansari Kadir.

1 dari 4 Halaman

Dia menggambarkan bahwa Gelis adalah sesuatu yang modern dan cocok dengan kondisi saat ini. Ia bersifat ramah lingkungan, tidak menggunakan bensin lagi, dan mobile sehingga bisa mengurangi biaya sewa tempat.

?Dengan gerobal listrik ini bisa berpindah-pindah tempat. Misalnya Jakarta Barat, Timur, Pusat, Utara, Selatan, bisa keliling, bisa dapat 5 market sekaligus. Apalagi pada masa pandemi ini orang takut dine in.

Gelis akan menjadi gerobak listrik bagi usaha GK Hebat di bidang kuliner, yakni ?Sang Pisang?, ?Ternakopi?, hingga ?Yang Ayam?.

2 dari 4 Halaman

Gelis jadi andalan UMKM kuliner

?Dengan gerobak listrik, jadi benchmark jemput bola keluar. Jangan harapkan bola yang datang,? tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa Gelis yang berbanderol sekitar Rp 20 juta sudah bisa digunakan kelilng tanpa perlu keluar biaya membuat ruko bagi UMKM sebesar Rp 100 juta.

?Beli lima saja, omzet sehari misalnya sejuta, kali lima, Rp 5 juta x 30 hari sudah Rp 150 juta. Artinya satu bulan sudah BEP,? kata dia.

3 dari 4 Halaman

Gelis yang berada di bawah naungan PT Solar Panel Indonesia (usaha energi baru dan terbarukan khususnya energi listrik dari tenaga surya) dari PT Grokindo yang bergerak di bidang parts supply ke produsen/OEM otomotif di Indonesia memiliki sejumlah pilihan model.

?Kami menciptakan yang sesuai dan terjangkau harganya. Desain dan konstruksinya sangat simpel karena ini adalah produk yang terjangkau,? kata Chief Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono.

4 dari 4 Halaman

Ia menyebutkan bahwa ada 5 produk Gelis. Misalnya, Gelis sasis yang hanya berbentuk sasis sehingga pembeli bisa custom.

?Harga kami mulai dari Rp 14 juta sampai dengan Rp 24 juta. Tanpa baterai. Kami punya pilihan lead acid battery tenaga matahari dan kedua litium. Kami pisah agar konsumen bisa memilih,? ujarnya seraya berterima kasih kepada Hebat karena sebagai usaha dengan misi sama di ekonomi kreatif mau berkolaborasi dalam memajukan UMKM.

BERI KOMENTAR