HOME » BERITA » KALA ANGGOTA KOMUNITAS MOTOR HONDA LAWAN HOAX LEWAT DUNIA JURNALISTIK

Kala Anggota Komunitas Motor Honda Lawan Hoax Lewat Dunia Jurnalistik

Minggu, 17 Februari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Workshop Digital dan Jurnalistik Honda MPM Jatim (Otosia.com/ Dini Arining Tyas)

OTOSIA.COM - Siapa saja bisa terperangkap informasi hoax alias berita bohong. Apalagi di zaman penyebaran informasi yang semakin mudah.

Belum lagi jika isi informasinya renyah, akan semakin mudah diterima publik. Termasuk para anggota komunitas yang bisa saja menjadi salah satu korban berita bohong.

Ada baiknya jika mendapatkan informasi-informasi yang sekira janggal, cari tahu dulu kebenarannya. Salah satunya bisa lewat karya jurnalistik, berita yang dikeluarkan melalui media mainstream terpercaya.

Mengapa demikian?

"Informasi dan berita itu beda. Informasi belum tentu terkonfirmasi, seperti berita," jelas pemateri Workshop Digital dan Jurnalistik Honda MPM Jatim, Muhammad Zainudin.

Terlepas dari hal itu, mencari tahu hoax atau tidak lewat berita juga makin meyakinkan. Sebab, jurnalis biasanya juga akan memberitakan status hoax sebuah informasi.

"Misalkan ada informasi, si jurnalis akan mengonfirmasi dan akhirnya tahu kalau itu hoax. Jadi yang diberitakan bahwa informasi tersebut hoax, dan sudah terkonfirmasi dari pihak yang berwenang," lanjut Jay, sapaan si pemateri yang juga salah satu Jurnalis di Kota Malang.

Namun demikian bukan hanya seorang jurnalis yang bisa mengonfirmasi sebuah informasi yang meragukan ke pihak terkait. Publik juga bisa langsung konfirmasi. Apalagi teman-teman komunitas juga dekat dengan pihak kepolisian. Enggak apa-apa memastikan, tandas Jay.

Reporter : Dini Arining Tyas

(kpl/tys/crn)

BERI KOMENTAR