HOME » BERITA » KALAU BELI NISSAN TERRA TERMURAH, BISA DAPAT APA SAJA?

Kalau Beli Nissan Terra Termurah, Bisa dapat Apa Saja?

Mobil SUV memang sedang digandrungi para konsumen kendaraan roda-4. Di segmen mid-size SUV, sebut saja ada Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan kini si pendatang baru Nissan Terra.

Selasa, 11 Desember 2018 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Nissan Terra (Nissan)

OTOSIA.COM - Mobil SUV memang sedang digandrungi para konsumen kendaraan roda-4. Di segmen mid-size SUV, sebut saja ada Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan kini si pendatang baru Nissan Terra.

Masing-masing dari ketiganya memiliki keunggulan dan kelemahan. Namun, si pendatang baru ini terbilang cukup berani untuk menantang Fortuner dan Pajero Sport yang lebih dulu populer.

Sebagai pendatang baru pun, Nissan Terra juga dibandrol dengan harga yang kompetitif dengan Fortuner atau Pajero Sport. Varian terendah Nissan Terra memiliki harga yang sama dengan varian terendah Pajero Sport. Sementara Fortuner dibandrol dengan harga yang sedikit di atas keduanya.

Lalu, jika membeli Terra dengan harga termurah (varian 2.5 2x2 MT) seharga Rp 464 juta, bisa dapat apa saja?

Nissan Terra (Nissan)

Tampilan Nissan Terra 2.5 MT terbilang sederhana. Tak ada komponen lampu kabut dan daytime running light (DRL). Tapi lampu utamanya sudah LED dengan fitur auto on/off dan follow me home. Begitu juga dengan lampu belakang dna high mount stip lamp.

Dengan harga hampir setengah miliar itu, spion varian ini tak dilengkapi dengan fitur pelipat elektrik, jadi harus manual. Velgnya juga berbeda, berdiameter 17 inci yang dibalut dengan ban berukuran 255/65.

Masuk ke dalam kabin, interiornya dibalut dengan kain berwarna hitam. Cukup nyaman meskipun tak menggunakan kulit. Akses penumpang baris ketiga dipermudah oleh fitur tumble seat pada baris kedua.

Fitur itu tak perlu menarik-narik tuas, cukup dengan sentuhan, maka kursi akan bisa terlipat sepenuhnya ke depan dan memberi jalan untuk penumpang baris ketiga. Pelipatan bangku ini juga bisa diakses oleh pengemudi melalui tombol di panel depan.

Nissan Terra (Nissan)

Artinya, pengemudi tak perlu turun dan melipat kursi untuk memberikan jalan. Hanya saja untuk bisa mengatur bangku di varian termurah ini masih menggunakan cara manual, berbeda dengan varian BL yang menggunakan sistem elektrik 8-arah.

Sektor hiburan didukung head unit 2DIN CD audio dengan USB dan AUX yang dihubungkan ke 6 pengeras suara. Kemudian layar informasi atau multi information display (MID) yang menempel pada panel instrumen berukuran 3,5 inci tipe monokrom. MID ini hanya menampilkan informasi umum, tak ada Tire Pressuring Monitoring System (TPMS) yang berguna mengetahui tekanan angin ban.

Kaca spion tengah canggih yang dilengkapi Intelligent rear view mirror dan intelligent around view monitor (AVM), sayangnya harus absen. Padahal ini menjadi highlight model Terra. Untuk menyalakan mesin, pengemudi pun masih menggunakan teknik konvensional, lantaran tak ada fitur intelligent key dan tombol push start/stop.

Tapi fitur keselamatannya cukup memadai. Sektor pengereman sudah dibekali Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Sedangkan kestabilan dan pengendalian ditopang Vehicle Dynamic Control (VDC). Pengemudi juga dibantu Hill Start Assist (HAS) saat melewati tanjakan curam.

Tak ketinggalan, kantung udara yang mendukung keselamatan penumpang ketika mengalami insiden. Jumlahnya ada enam, terbagi menjadi 2 di depan, 2 di sisi, dan 2 di seluruh kaca jendela samping (tirai). Keamanan pengemudi saat memarkir mobil didukung sensor belakang. Sayangnya, fitur keselamatan canggih seperti Blind Sport Warning (BSW), Lane Departure Warning (LDW) dan Hill Descent Control (HDC) tak diaplikasi pada varian terbawah.

Lalu, yang tak kalah penting adalah mesin. varian termurah ini menggunakan mesin diesel berkode YD25DDTi berkapasitas 2.488cc. Nissan menyetelnya agar mampu menghasilkan tenaga puncak 190 PS dan torsi 450 Nm. Daya ini menjadikan Terra salah satu SUV ladder-ladder frame paling bertenaga.

Sumber: OTO.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR