HOME » BERITA » KALAU MOBIL LAMA PAKAI OLI EURO IV, SEPERTI APA EFEKNYA?

Kalau Mobil Lama Pakai Oli Euro IV, Seperti Apa Efeknya?

Fungsi pelumasan Euro IV harus sesuai dengan mesin berspesifikasi sama. Lalu bagaimana jika misalnya mobil lama menggunakan pelumas ini?

Sabtu, 12 Mei 2018 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nazar Ray

OTOSIA.COM - Standar emisi Euro IV menurut rencana kelak akan diadopsi di Indonesia, sehingga segala persiapan pendukungnya pun mulai diwujudkan. Salah satunya Federal Oil yang baru-baru ini menetapkan penggunaan pelumas Euro IV.

Mereka memasarkan produk-produk untuk mesin bensin, yakni Rextron full synthetic 10W-40, Rextron full synthetic 5W-40, dan Deltron synthetic 15W-40 untuk mesin diesel.

Harga per liter-nya masing-masing ditetapan di angka Rp 85 ribu, Rp 135 ribu, hingga Rp 175 ribu. Pelumas ini menurut Ari Sutanto, Plant & Operation Director MPM Lubricants, punya banyak keunggulan.

"Di dalam komponen oli ada kandungan supaya tidak (lekas) oksidasi, tidak cepat menguap. Khusus yang Euro IV lebih pada kebersihan mesin, mempengaruhi efesiensi bahan bakar sehingga mengurangi racun dari gas buang," kata dia.

Ia mengatakan, fungsi pelumasan Euro IV harus sesuai dengan mesin berspesifikasi sama. Lalu bagaimana jika misalnya mobil lama menggunakan pelumas ini?

Menurutnya, komposisi itu tidak akan seberpengaruh jika mesin dan bahan bakar pada mobil tersebut berstandar Euro IV.

"Kalau mobil lama pakai ini, economic of scale-nya enggak dapat. Rusak sih enggak," kata dia.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR