HOME » BERITA » KALAU YAMAHA XMAX DAN HONDA FORZA 2018 DIADU, SIAPA YANG MENANG?

Kalau Yamaha Xmax dan Honda Forza 2018 Diadu, Siapa yang Menang?

Kehadiran Honda Forza digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat Yamaha Xmax. Keduanya memang berada pada sektor yang sama dengan latar belakang skuter matik besar dengan desain elegan. Apa saja bedanya?

Jum'at, 09 Maret 2018 12:15 Editor : Cornelius Candra
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Kalau Yamaha Xmax dan Honda Forza 2018 Diadu, Siapa yang Menang?
Ilustrasi : honda.com & yamaha-motor.co.id

OTOSIA.COM - Honda baru-baru ini merilis Forza 300 2018 di Roma Motodays 2018, Italia. Hadir dengan segudang fitur canggih, motor ini diisukan akan menjadi cikal bakal Honda Forza 250 di Indonesia.

Kehadiran Honda Forza 300 ini pun tak bisa lari dari pesaingan. Skutik bongsor ini digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat Yamaha Xmax. Keduanya memang berada pada pangsa pasar yang sama, yakni skuter matik besar dengan desain elegan.

Honda Forza 300

Secara garis besar, keduanya mengutamakan kenyamanan berkendara. Hal itu bisa dilihat dari adanya ruang kaki yang luas dan bagasi yang mampu memuat 2 buah helm full-face.

Tak hanya itu, kedua pabrikan ini juga menyematkan traction control. Tujuannya untuk mencegah terjadinya ban selip saat motor berakselerasi.

Yamaha Xmax

Sisi pencahayaan keduanya pun sudah mengadopsi sistem LED yang diklaim lebih terang dan hemat daya. Jika dibandingkan dengan bohlam konvensional, teknologi ini dinilai lebih efisien.

Head-light & tail-light Honda Forza 300

Head-light & tail-light Honda Yamaha Xmax

Kita tak akan menemukan anak kunci pada Forza dan Xmax karena keduanya menggunakan sistem keyless. Peranti ini membuat berkendara semakin praktis dan aman.

Tak lupa, Honda dan Yamaha memasang rem dengan sistem ABS untuk menunjang sisi keamanan dalam berkendara.

Penggunaan panelmeter keduanya pun merupakan kombinasi antara sistem analog dan digital. Dengan demikian, menyampaikan berbagai informasi terkait kondisi motor kepada pengendara.

Panelmeter Honda Forza 300

Panelmeter Yamaha Xmax

Meskipun memiliki kapasitas mesin yang berbeda, baik Honda Forza maupun Yamaha Xmax, sama-sama dibekali mesin 1 silinder, SOHC, liquid cooled.

Pada sektor kaki-kaki, keduanya menggunakan velg 15" di bagian depan dengan ban berukuran 120/70. Sementara sisi belakang, ditopang oleh ban berukuran 140/70 R14.

Selain itu, Honda dan Yamaha membekali skutik ini dengan suspensi depan teleskopik dan dual shock-breaker pada buritan motor.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR