HOME » BERITA » KALEIDOSKOP 2020: 4 VESPA EDISI SPESIAL HADIR DI INDONESIA

Kaleidoskop 2020: 4 Vespa Edisi Spesial Hadir di Indonesia

Setidaknya 4 Vespa edisi spesial dirilis di Indonesia.

Senin, 28 Desember 2020 15:15 Editor : Cornelius Candra
Kaleidoskop 2020: 4 Vespa Edisi Spesial Hadir di Indonesia
Vespa GTV Sei Giorni II (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Tahun 2020 terbilang cukup mengejutkan. Pandemi COVID-19 memaksa industri otomotif untuk lebih bersabar dan menunda peluncuran produknya, termasuk PT Piaggio Indonesia (PID).

Akhirnya, mereka merilis seluruh produk barunya di semester kedua 2020. Meski demikian, pabrikan asal Italia itu menghadirkan 4 Vespa edisi spesial pada tahun ini.

1 dari 4 Halaman

Pertama, PT PID meluncurkan Vespa Primavera Sean Wotherspoon pada pertengahan September lalu. Skuter ini merupakan hasil kolaborasi mereka dengan desainer sepatu asal Amerika Serikat, Sean Wotherspoon.

Menariknya, harga bekas Vespa Primavera Wotherspoon per hari ini (28/12) sudah berkisar di angka Rp150 jutaan. Padahal, unit baru skuter ikonik tersebut dibanderol Rp85 juta (OTR Jakarta) saat peluncurannya. Selain itu, stok motor tersebut ludes terjual hanya dalam waktu kurang dari sepekan.

2 dari 4 Halaman

Berselang 2 pekan, PT PID kembali menghadirkan skuter edisi spesialnya, yakni Vespa Sprint Racing Sixties dan Vespa GTS 300 HPE Racing Sixties. Keduanya terinspirasi dari Vespa yang turun di ajang balap pada era 1960-an.

Di Indonesia, Vespa GTS 300 HPE Racing Sixties dibanderol Rp157 juta. Sedangkan Vespa Sprint Racing Sixties ditawarkan dengan harga Rp54,6 juta (OTR Jakarta). Dalam waktu sepekan, harga Vespa Sprint Racing Sixties juga sempat naik menembus Rp70 juta.

3 dari 4 Halaman

Pada Oktober 2020, PT PID meluncurkan Vespa Primavera RED. Skuter ini merupakan kolaborasi Vespa bersama RED, sebuah organisasi non-profit yang bergerak di bidang kemanusiaan. Hadirnya Vespa Primavera RED mengajak masyarakat untuk lebih perhatian ke masalah kesehatan global, seperti HIV/AIDS, TBC, dan malaria.

Vespa Primavera RED dijual dengan harga Rp53,6 juta (OTR Jakarta). Jelas jumlahnya sangat terbatas, namun belum ada informasi lebih rinci terkait jatah unit untuk pasar otomotif Indonesia. Sekadar informasi, Vespa telah menjalin kemitraan penting dengan RED sejak 2016. Sebelumnya, kerja sama ini telah menelurkan motor matic ikonik dan terbatas lainnya, yakni Vespa 946 RED yang hanya ada 946 unit di dunia.

4 dari 4 Halaman

Vespa GTV Sei Giorni II pun turut dirilis di Indonesia pada November 2020. Skuter ini dihadirkan untuk mengenang 9 dari 10 Vespa yang berhasil menang di ajang balap off-road dan paling bergengsi pada masanya, Sei Giorni Internazionale, yang diadakan di Varese, Italia, tahun 1951 silam.

Layaknya semua versi Vespa big-body, Vespa Sei Giorni II Edition memiliki jok single-seater. Tapi, ada ubahan ikonik yang disematkan yakni headlight yang terpasang pada spakbor depan. Selain itu, setangnya terbuat dari selongsong besin terbuka. Harga Vespa Sei Giorni II Edition mencapai Rp155 juta (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR