HOME » BERITA » KALEIDOSKOP 2020: 5 KABAR OTOMOTIF PALING VIRAL DAN MENGUNDANG PERDEBATAN NETIZEN

Kaleidoskop 2020: 5 Kabar Otomotif Paling Viral dan Mengundang Perdebatan Netizen

Otosia mencatat banyak berita viral dengan berbagai karakter mulai pelanggaran aturan, hingga fenomena unik di masyarakat.

Jum'at, 25 Desember 2020 15:00 Editor : Nurrohman Sidiq
Kaleidoskop 2020: 5 Kabar Otomotif Paling Viral dan Mengundang Perdebatan Netizen
Jusuf Hamka (Instagram/jusufhamka)

OTOSIA.COM - Tahun 2020 bisa dibilang penuh warna, karena pandemi Corona (COVID-19) yang memborbardir berbagai lini ekonomi di Indonesia, termasuk salah satunya dunia otomotif. Di tengah dunia yang dilanda dengan penyakit berbahaya, tentu saja banyak peristiwa lain yang terjadi.

Di sektor otomotif, juga banyak peristiwa tak terduga yang mengundang banyak tanya dan perdebatan sesama netizen. Dimulai dari awal ditetapkannya status pandemi, hingga saat ini dimana angka penyebaran terus naik dan akhir tahun liburan masih berjalan, Otosia mencatat banyak berita viral dengan berbagai karakter mulai pelanggaran aturan, hingga fenomena unik di masyarakat.

Otosia selanjutnya mimilih dan memilah berbagai kejadian tersebut dalam lima berita teratas yang tentu sangat menarik untuk diulas kembali di penghujung tahun 2020 ini. Berikut ringkasannya.

1 dari 8 Halaman

1. Viral Lautan Manusia Padati Rumah Pembeli Motor Baru

Diserbut tetangga karena beli motor baru ((Instagram/memomedsos via Merdeka.com)

Kabar viral pertama berasal dari video yang diunggah oleh sebuah akun Tik Tok. Berita ini dipublikasikan pada tanggal 7 Desember 2020, pukul 19.45 WIB.

Peristiwa tersebut seperti yang terlihat di sebuah video amatir sang pemilik motor baru berikut ini. Dalam sebuah video viral ini menunjukkan sebuah fenomena sosial yang cukup unik di sebuah perkampungan.

Kerumunan tetangga nampak berjejal di halaman sang pemilik rumah saat sepeda motor baru yang hendak diantar ke pemiliknya oleh sebuah mobil angkutan. Hal ini pun lantas menimbulkan decak kagum dari warganet dengan fenomena yang jarang terjadi.

Lantas, seperti apa potret kerumunan tetangga yang hendak menyaksikan sepeda motor baru tersebut? Simak uraian selengkapnya berikut ini.

Dalam video berdurasi kurang dari 1 menit yang hingga kini mendapatkan banyak perhatian dari warganet tersebut menunjukkan kerumunan warga di depan rumah sang pemilik sepeda motor baru. Rupanya, saat itu sang pemilik tengah menunggu kedatangan motor baru yang baru saja dibelinya dari pihak penjual dengan diantar secara langsung melalui mobil angkutan.

"Motor baru," dikutip dari akun Instagram @memomedsos.

 

2 dari 8 Halaman

Motor Baru Menuju Halaman Pemilik Rumah

Sesaat kemudian, sepeda motor yang telah dinanti sang pemilik bersama para tetangga tersebut lantas datang. Sebuah mobil angkutan berwarna biru tua yang memuat sepeda motor baru tersebut terlihat menuju ke halaman depan dari rumah sang pemilik.

Sontak saja, sepeda motor baru tersebut langsung menjadi perhatian para tetangga yang telah berkerumun di halaman rumah. Seolah semua mata tertuju pada sepeda motor baru yang baru saja dibeli oleh salah seorang warga setempat.

 

3 dari 8 Halaman

Buat Warganet Terpukau

Potret kerumunan tetangga yang juga menanti sepeda motor baru tersebut langsung menyita perhatian warganet. Banyak yang merasa kagum dengan antusiasme para tetangga untuk berbagi kebahagiaan bersama meski hanya cukup menanti sepeda motor dari sang pemilik.

"Hah? Sumpah itu mengumpul cuma mau lihat motor?," tanya @sufy_anggriani.

"Wah, kumpul satu kampung," kata @ptnii1.

"Keren lur," kata @rthynr.

 

4 dari 8 Halaman

Banjir Apresiasi dan Pujian

Nampaknya, fenomena sosial yang saat ini mulai memudar tersebut juga mendapatkan apresiasi dari warganet. Tak sedikit yang menyebut, penampakan tersebut merupakan ciri khas kekeluargaan dari masyarakat Indonesia.

"Senang susah bersama. Ciri khas rakyat Indonesia zaman dulu, saling berbagi kebahagiaan," tulis @hunkzhang23.

"Mantap, adatnya masih lengket," kata @septyandeddy.

"Yang beli satu orang, yang senang satu kampung," kata @bevan_juve_7.

"Alhamdulillah yang ikut senangnya sekampung. Kayak zaman dulu," tulis @putrinaajisaka.

5 dari 8 Halaman

2. Ditilang, Pemilik Mobil Mengaku Derita Corona (COVID-19)

Pelanggar lalu lintas ancam akan batuk ke polisi (Twitter/LancsARV)

Awal diumumkannya fase pandemi di Indonesia, muncul berita cukup menggemparkan yang menunjukkan kelakuan kurang etis oleh seorang pemilik kendaraan.

Tak hanya mengemudi tanpa SIM atau perlengkapan wajib lainnya yang akan ditindak oleh polisi, di beberapa negara, mengendarai mobil tanpa asuransi pun masuk dalam pelanggaran lalu lintas.

Pelanggaran seperti itu termasuk berlaku di Inggris. Baru-baru ini polisi menindak tegas seorang pengmudi di Blackpool, Inggris. Polisi menyita mobil tersebut, Minggu (22/3/2020).

Seperti diberitakan Lanchasire Post, polisi mengatakan bahwa pengemudi itu baru saja dari London untuk menjemput temannya di penjara. Lalu ketika dihentikan dan mobilnya disita, si pengemudi mengancam polisi akan batuk ke arah polisi.

Ancaman itu akan terdengar konyol jika diucapkan tahun lalu. Tapi tidak saat ini yang mana dunia tengah dikepung oleh Virus Corona yang bisa menular melalui droplet saat seseorang bersin atau batuk. Si pengemudi juga mengaku tengah menderita COVID-19 itu.

Namun ancaman itu tak membuat polisi gentar. Mereka tetap menindak si pengemudi tanpa asuransi itu.

"Meskipun pengemudi mengancam akan batuk pada kami dan dia mengaku terinfeksi virus corona, kami akan terus melakukan pekerjaan kami untuk menjaga semua orang aman," kata seorang juru bicara Kepolisian Lancashire.

Selain mobilnya yang disita, si pengemudi itu pun juga ikut dilaporkan. Mereka pun gigit jari, karena harus pulang dengan cara berjalan kaki.

6 dari 8 Halaman

3. Naik Mobil Hummer ke Warteg, Bos Jalan Tol Jusuf Hamka Jadi Sorotan

Jusuf Hamka (Instagram/jusufhamka)

Sosok Jusuf Hamka sering menjadi sorotan. Setelah soal pernikahan putrinya, Fitria Yusuf, kini giliran sosoknya yang santai makan di warteg pinggir jalan.

Berita bulan Juni 2020 ini menyorot dirinya yang menggunakan mobil mewah saat menuju warteg. Dilansir dari Merdeka.com, bos jalan tol itu mengendarai Hummer.

Hal itu diketahui dari unggahan Instagram pribadinya. Dia juga terlihat ramah dengan orang lain. Pengusaha sukses itu juga tak sungkan menyapa beberapa warga.

Potret Jusuf Hamka juga menunjukkan ketika ia tengah asyik menikmati hidangan yang tersaji di sebuah piring dan gelas sederhana. Penampilannya pun santai, hanya celana pendek, kaos oblong, dan sandal.

Usai menyantap hidangan sederhana di warung makan tersebut, Jusuf lantas menyodorkan sejumlah uang kepada beberapa warga yang tengah berada di sana.

"Karena masih suasana lebaran dan saya nggak open house, sehingga saya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mentraktir orang-orang yang sedang makan di warteg tersebut," tulisnya.

 

7 dari 8 Halaman

 

 

4. Jalanan Sepi karena Virus Corona Malah Dimanfaatkan untuk Balap Liar

Jalanan sepi akibat virus corona (Ilustrasi/The Drive)

Mulai dari social distancing hingga lockdown, berbagai negara mengambil kebijakan berbeda untuk menekan penyebaran virus Corona. Efek baiknya adalah jalanan jadi lengang yang mana polusi udara juga menurun.

Tapi sayangnya, beberapa orang tak bertanggung jawab justru memanfaatkan hal itu dengan cara kurang bijak. Seperti diberitakan The Drive (25/4/2020), beberapa pengemudi mobil yang oportunis di Toronto, menggunakan jalanan lengang itu untuk arena balap liar.

Polisi disebut mengklaim ada 18 pengemudi yang melakukan aksi balap itu selama akhir pekan lalu. Mereka melaju dengan kecepatan 120 kpj hingga 250 kpj di jalan tol utama Don Valley Parkway.

Di jalan tol tersebut pengemudi hanya boleh melaju dengan kecepatan maksimal 88 kpj. Pengemudi terancam akan denda USD 1.500 dan pengurangan 6 poin, serta penahanan kendaraan selama seminggu.

Sementara itu, di Toronto sendiri sudah ditetapkan kondisi darurat. Status tersebut ditetapkan setelah ada kasus kematian akibat COVID-19 pada Sabtu lalu.

8 dari 8 Halaman

 

5. Sopir Truk Tak Mau Berhenti Terjang dan Tabrak Pemalak di Jalan

Tertabrak truk (Tangkapan layar video Instagram @agoezbandz4)

Rekaman video insiden itu diunggah oleh akun Instagram @agoezbandz4.

Tak disebutkan di mana persisnya insiden itu terjadi, hanya saja tampak jelas seorang bocah laki-laki yang bersiap di tengah jalan raya. Bocah bertopi dan memakai kaos hitam itu lantas mengambil ancang-ancang untuk bisa menghentikan truk.

Tapi si sopir truk tampaknya memilih untuk lanjut saja. Pada video itu juga terlihat si bocah yang akhirnya tertabak truk hingga terpental sedikit ke tengah jalan raya.

"Apa yang mau kalian katakan sama supir truk?" tulis akun tersebut. Caption video tersebut pun memantik komentar beragam dari para netizen.

"Mantap, tapi gimana nasib sopir tersebut aman kah atau kena hukuman?" komentar @radityaa_dk

"Terima kasih pak sopir," komentar @yokieseptian

"Keputusan anda benar pak sopir," komentar @erwineksptra

 

 

BERI KOMENTAR