HOME » BERITA » KALIMALANG MAKIN MACET AKIBAT ATURAN GANJIL GENAP

Kalimalang Makin Macet Akibat Aturan Ganjil Genap

Hari ini (12/3) pemerintah mulai menerapkan aturan ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek. Sistem tersebut berhasil mengurai kemacetan di ruas tol tersebut.

Senin, 12 Maret 2018 14:35 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi : Liputan6.com

OTOSIA.COM - Hari ini (12/3) pemerintah mulai menerapkan aturan ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek. Sistem tersebut berhasil mengurai kemacetan di Gerbang Tol Bekasi Barat 1 dan Bekasi Barat 2 serta Tol Bekasi Timur setelah berjalan selama kurang lebih 45 menit.

Tidak hanya menjelang pintu masuk tol, pada KM 16 hingga KM 18 arah Jakarta pun terpantau lancar. Dilansir dari Liputan6.com, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Royke Lumowa, menyatakan bahwa aturan ini telah mengurangi kepadatan kendaraan di dalam tol hingga 20 persen.

"Dengan dilakukannya kebijakan seperti ini Bekasi Barat dan Bekasi Timur akan menurun level of service-nya, lebih lancar sekitar 20 persen," ujarnya.

Namun, kebijakan ini berdampak buruk pada jalan non-tol. Salah satu ruas jalan yang terkena imbasnya adalah Kalimalang. Pasalnya, kendaraan yang tak sesuai aturan ganjil-genap terpaksa menggunakan jalur arteri Kota Bekasi.

Royke pun mengkonfirmasi kemacetan di sepanjang Jalan Kalimalang. Arus kendaraan mulai Pangkalan Jati hingga Kebon Nanas mengalami peningkatan. Biasanya, kepadatan kendaraan hanya di sekitar area Mall Cipinang Indah.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR