HOME » BERITA » KAMERA BELAKANG MOBIL AKAN JADI FITUR WAJIB

Kamera Belakang Mobil Akan Jadi Fitur Wajib

Selasa, 15 Mei 2018 13:45

Kamera Belakang Mobil Akan Jadi Fitur Wajib
Ilustrasi: Kamera belakang Wuling Cortez/ Wuling.id
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu fitur yang terbilang cukup penting ialah kamera belakang. Pasalnya, komponen tersebut membantu pengendara ketika hendak parkir dan mundur.

Rupanya, kamera belakang telah menjadi fitur wajib bagi semua mobil yang dirilis pada bulan ini (Mei 2018) di Amerika Serikat. Dilansir dari Autotrader.com, aturan tersebut dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Sebenarnya, kamera belakang bukanlah hal baru di Amerika Serikat. Namun, pihak consumer safety group ingin fitur ini menjadi kewajiban di berbagai mobil yang beredar. Pasalnya, selama ini memang masih ada mobil yang tak dilengkapi dengan kamera belakang.

Regulasi ini sebenarnya telah digagas oleh Kementerian Transportasi Amerika Serikat bersama NHTSA sejak 2014 silam. Namun, aturan tersebut baru diresmikan pada 1 Mei 2018 kemarin dengan pertimbangan memberi waku bagi pabrikan untuk beradaptasi.

Menurut sumber yang sama, pembentukan aturan ini didasari angka kecelakaan yang cukup tinggi akibat tidak adanya kamera belakang. Tercatat sebanyak 200 orang tewas dan 14.000 terluka dalam kurun waktu satu tahun. Kebanyakan, korban ialah anak-anak karena mayoritas tidak bisa melihat sisi belakang mobil dengan sempurna.

Tak hanya kamera belakang, pihak Kementerian Transportasi Amerika Serikat dan NHTSA juga masih menggodok regulasi terkait beberapa fitur kemanan lain yang harus dimiliki mobil baru di Amerika serikat. Fitur tersebut ialah blind spot warning, lane departure warning, dan automatic emergency braking with forward collision allert.

Jika nantinya aturan tersebut diberlakukan, bisa jadi mobil yang dijual di Amerika Serikat memiliki standar keamanan tertinggi di dunia. Lantas, bagaimana jika hal tersebut juga diberlakukan di Indonesia?

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-15
detail

BERITA POPULER