HOME » BERITA » KAMU HARUS TAHU, INI LHO YANG BIKIN KNALPOT MOTOR 'BATUK'

Kamu Harus Tahu, Ini Lho yang Bikin Knalpot Motor 'Batuk'

Saat mengendarai sepeda motor kadang tiba-tiba knalpot seperti meledak. Saat knalpot terbatuk seperti itu biasaya yang kerap jadi kambing hitam adalah bahan bakar.

Kamis, 25 April 2019 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
ilustrasi (Wahana Honda)

OTOSIA.COM - Saat mengendarai sepeda motor kadang tiba-tiba knalpot seperti meledak. Saat knalpot terbatuk seperti itu biasaya yang kerap jadi kambing hitam adalah bahan bakar.

Padahal tak selalu bahan bakar yang bermasalah. Melansir laman resmi Wahana Honda, ada beberapa penyebabnya yang harus kamu tahu.

Sebab, buntut 'batuk' dari knalpot itu bisa berbahaya. Motor bisa kehlangan daya dan energi dan langsung mati. Jika hal terjadi saat motor melaju dengan kecepatan tinggi, bisa-bisa motor terpelanting karena mesin mati mendadak.

Lalu apa saja penyebabnya?

1. Knalpot Bocor

Tanda knalpot bocor sudah jelas, karena knalpot yang bocor menimbulkan suara-suara berisik. Sebab, proses pembakaran sendiri sudah cukup berisik, nah jika kanlpot bocor sudah bisa dipastikan suaranya akan lebih berisik.

2. Masalah di Busi

Kualitas energi yang dihasilkan ruang bakar tergantung pada busi. Ketika busi bermasalah, maka percikan api yang dihasilkan akan kurang maksimal, dan berefek pembakaran yang kurang sempurna.

Hal yang demikian akan menjadikan pembakaran sedikit lebih prematur dan memicu ledakan pada knalpot. Parahnya, ledakan karena busi ini yang bisa bikin motor langsung mati seketika.

3. Lupa Tutup Choke

Sepele memang, tapi bisa saja terjadi. Knalpot bisa meledak karena hal sepele ini. Ketika ruang bakar kebanjiran bahan bakar, bisa jadi si knalpot meledak di tengah jalan. Bisa jadi juga pengendara di belakang kaget dan mengumpat ke kamu.

4. Saluran Udara ke Mesin

Udara punya peran penting pada pembakaran motor. Nah, porsi udara yang dibutuhkan sistem itu ditentukan oleh karburator. Tapi kadang masih ada saja masalah yang membuat udara tidak tersuplai dengan baik ke ruang bakar.

Hal ini bisa dideteksi dari ledakan knalpot pada RPM rendah pasca digunakan dengan kecepatan tinggi. Jika ada ledakan saat RPM diturunkan, jelas penyebabnya karena kurangnya udara di ruang bakar.

5. Komponen Karburator Minta Ganti

Karburator jenis vakum mempunyai sistem aliran bahan bakar yang sangat bagus. Oleh karenanya, karburator jenis ini banyak digunakan untuk motor non injeksi.

Aliran bahan bakar di karburator jenis ini sangat bergantung pada kemampuan buka tutup klep yang berbahan dasar karet. Sayangnya, karena terbuat dari karet, lama-lama komponen ini juga akan mengeras ketika bersentuhan dengan bahan bakar.

Ketika sudah keras, maka ujung-ujungnya bisa aus dengan sendirinya. Nah ini yang jadi biang kerok motor jadi brebet dan knalpot terbatu saat tuas gas dikembalikan ke posisi awal

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR