HOME » BERITA » KAMU PERLU TAHU, INI LHO ARTI BIODIESEL B20

Kamu Perlu Tahu, Ini Lho Arti Biodiesel B20

Jika mesin diesel selama ini menggunakan bahan bakar jenis solar, lalu belakangan sering disebut-sebut soal bahan bakar biodiesel. Apa sih itu biodiesel?

Senin, 18 Februari 2019 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi Biodiesel B20 (Istimewa)

OTOSIA.COM - Jika mesin diesel selama ini menggunakan bahan bakar jenis solar, lalu belakangan sering disebut-sebut soal bahan bakar biodiesel. Apa sih itu biodiesel?

Biodiesel ini sebenarnya jenis bahan bakar nabati, yang diolah dari bahan-bahan nabati atau dari bahan-bahan organik lain. Selain biodiesel, ada juga bioetanol dan minyak nabati murni, yang tergolong dalam jenis bahan bakar nabati.

Biodisel ini juga diperuntukkan bagi kendaran bermesin diesel berupa ester metil asam lemak atau fatty acid methyl ester (FAME). Nah, bahan baku biodiesel ini adalah minyak sawit (CPO). Tapi, tanaman seperti jarak, jarak pagar, kemiri sunan, dan kemiri cina, serta nyamplung juga berpotensi menjadi bahan baku biodiesel.

Lantas, apa hubungannya dengan B20? Yap, Otolovers biasa mungkin mendengar nama biodiesel akan diikuti dengan B20.

B20 itu sendiri adalah sebuah program yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Program B20 ini mewajibkan pencampuran 20 persen Biodiesel dengan 80 persen bahan bakar minyak jenis solar. Berbeda dengan B100 yang artinya 100 persen biodiesel, tanpa campuran.

Penerapan B20 ini beralaku untuk beberapa sektor. Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 12 tahun 2015, jenis sektor yang wajib mnerapkan diantaranya usaha mikro, usaha perikanan, usaha pertanian, transportasi dan pelayanan umum atau Public Service Obligation (PSO), transportasi non PSO, dan industri dan komersial.

Namuun, program tersebut baru terimplementasikan pada sektor transportasi (PSO). Mandatori B20 ini mulai dijalankan secara masif sejak 1 Septemeber 2018 lalu.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR