HOME » BERITA » KAMU PERLU TAHU, INI PENYEBAB MESIN KENDARAAN MATI SAAT NYEBERANG REL KERETA API

Kamu Perlu Tahu, Ini Penyebab Mesin Kendaraan Mati Saat Nyeberang Rel Kereta Api

Saat melintasi rel kereta api, mesin kendaraan bersiko mati, mengapa demikian?

Jum'at, 25 Januari 2019 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi mobil menyeberangi rel kereta api (Daily Camera)

OTOSIA.COM - Insiden kecelakaan antara kereta api dan kendaraan bermotor kerap kali terjadi. Apalagi di lintasan kereta tanpa palang pintu.

Selain karena palang pintu, kecelakaan di perlintasan kereta api juga disebabkan faktor pengendara itu sendiri yang lalai. Bahkan saat melintasi rel kereta api, mesin kendaraan bersiko mati.

Risiko mesin mati ini lebih sering dialami oleh mobil, bus, dan truk. Sepeda motor yang masih menggunakan transmisi manual juga masih berisiko mati.

Lalu, mengapa mesin kendaraan bisa mati saat menyeberangi rel kereta api?

Menurut laman resmi Top1 Indonesia, hal ini lantaran adanya daya magnetik yang adap ada rel kereta api, sehingga menyebabkan mobil bisa tiba-tiba mati.

Daya tarik magnet antara peron dan mobil terjadi karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel. Hal ini terjadi karena roda kereta api menggunakan baja berjenis ferritic yang memiliki medan magnet yang kuat.

Sehingga hal tersebut sangat mengganggu sistem kelistrikan pada mobil dan menyebabkan kendaraan mogok. Sementara untuk sepeda motor, hal tersebut lantaran pengendara biasanya kurang lihai menjaga putaran mesin tetap stabil.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR