HOME » BERITA » KANTONG TIPIS TAPI MAU CARI MOBIL BUAT MUDIK, COBA CARA INI

Kantong Tipis tapi Mau Cari Mobil Buat Mudik, Coba Cara Ini

Selasa, 03 April 2018 17:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi : Pelelangan mobil / british-car-auctions.co.uk

OTOSIA.COM - Musim mudik dan libur panjang tengah tahun jadi momen untuk jalan-jalan keliling bertemu orang tua, saudara, teman lama, ataupun juga wisata. Kendaraan roda empat pun jadi salah satu pilihan transportasi.

Sayangnya kadang budget ketat, jadi coba-coba cari yang second, apalagi kalau bermerek tapi lumayan ramah di kantong. Untuk pilihan yang harganya tidak terlalu tertebak dan bisa murah, pelelangan bisa jadi pilihan.

Bisanya, di pelelangan, ada saja mobil-mobil yang dijual dengan harga mengejutkan. Soalnya, kadang alasan orang titip mobil di sini karena kredit macet ataupun perusahaan yang tidak punya waktu untuk jual mobil satu-satu

"Multifinance kan bisanya akan melakukan penarikan, nah itu 70-80 persen dipasarkan ke (balai lelang) Ibid. Ada juga satu perusahaan yang bingung jual satu-satu, ya dititipkan deh ke Ibid," kata Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Balai Lelang Ibid, dalam satu kesempatan.

Kalau dilihat-lihat, banyak minibus sekelas Avanza-Xenia juga APV yang dijual di bawah pasaran, bahkan ada APV tahun 2012 dengan harga buka lelang Rp 48,5 juta, tapi yang ini blind van.

Lalu ada juga Agya keluaran 2014 yang dipasang dengan harga lelang Rp 79 juta. Kondisinya masih lumayan kalau dilihat sekilas, dan balai lelang seperti mereka memperbolehkan calon pembeli untuk masuk kabin dan menyalakan mesin.

Soal kondisi, mobil-mobil yang dilelang ini biasanya sudah punya keterangan kondisinya. Keterangan itu seperti nilai untuk eksterior-interior, mesin, hingga kelengkapan surat-surat.

"Waktu tiga hari sebelum lelang, ada open house, orang boleh lihat kondisi segala macam, bisa dilihat di situ. Boleh lihat dalam, nyalakan mesin. Nanti pada saat lelang, mobil akan lewat, show. Boleh bawa mekanik kalau sekiranya kurang paham dengan mobil saat open house," ujarnya.

 (kpl/why/crn)

BERI KOMENTAR