HOME » BERITA » KAPAL EVER GIVEN TERSANGKUT DI TERUSAN SUEZ, DUCATI TERKENA IMBASNYA

Kapal Ever Given Tersangkut di Terusan Suez, Ducati Terkena Imbasnya

Pengiriman sepeda motor ke pasar Asia tersendat karena Terusan Suez macet

Selasa, 30 Maret 2021 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Kapal Ever Given Tersangkut di Terusan Suez, Ducati Terkena Imbasnya
Kapal Ever Given kembali berlayar di Terusan Suez (Twitter/@reuters)

OTOSIA.COM - Setelah hampir sepekan tersangkut di Terusan Suez, kapal Ever Given berhasil dibebaskan pada Senin (29/3/2021) kemarin. Meski begitu, lalu lintas pelayaran yang tersendat ini memberikan efek ekonomi yang cukup berarti.

Melansir Visordown, sejak memblokade Terusan Suez, kapal Ever Given telah menyebabkan kerugian lalu lintas barang senilai 7 miliar atau Rp139 triliun (Kurs 1=Rp19.932) setiap hari. Di antaranya adalah pengiriman sepeda motor dan komponennya.

1 dari 2 Halaman

Salah satu merek motor yang ikut terimbas adalah Ducati. Pabrikan asal Italia itu saat ini mengirimkan motor ke pasar Asia melewati Terusan Suez. Karena insiden kapal Ever Given, pengiriman pun menjadi tersendat.

Sayangnya tidak disebutkan secara rinci jumlah sepeda motor dan suku cadang yang gagal terkirim tepat waktu.

"Kami memiliki barang dalam perjalanan yang mungkin tidak akan sesuai dengan perkiraan waktu pengiriman karena kecelakaan Suez, tapi sampai saat ini, kami tidak memiliki berita tentang dampaknya pada jalur produksi," kata juru bicara Ducati.

2 dari 2 Halaman

Sekadar informasi, Terusan Suez merupakan penghubung penting antara Eropa dan Timur. Kurang lebih 10 persen perdagangan dunia melintasi Suez. Tahun 2020 saja, ada sekitar 19.000 kapal yang melewati rute tersebut.

Kapal Ever Given sendiri memiliki panjang 400 meter. Kapal ini sebelumnya terdampar di Terusan Suez secara diagonal. Haluan kapal menabrak bagian timur dan buritan tersangkut di sisi barat.

BERI KOMENTAR