HOME » BERITA » BUKAN PRIORITAS, MITSUBISHI TAK UTAMAKAN GENERASI LANCER EVOLUTION

Bukan Prioritas, Mitsubishi Tak Utamakan Generasi Lancer Evolution

Generasi sedan sports Mitsubishi Lancer Evolution masih menjadi tanda tanya. Mitsubishi belum punya rencana untuk penerus nama sedan legendaris itu.

Kamis, 01 Juli 2021 12:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Bukan Prioritas, Mitsubishi Tak Utamakan Generasi Lancer Evolution
Ilustrasi pertemuan antar generasi Lancer Evolution. (Evo)

OTOSIA.COM - Mitsubishi Motors memutus rantai produksi Lancer Evolution pada tahun 2016 silam. Padahal, mobil ini sudah sampai pada generasi kesepuluh. Keputusan itu tentu membuat para penggemar loyal Lancer Evolution gigit jari.

Di tengah berbagai isu kelahiran kembali sang mobil cepat, muncul harapan baru dari internal Mitsubishi. Dalam pertemuan dengan para pemilik saham Mitsubishi hari Rabu lalu (23/6/2021), Mitsubishi Motors diminta untuk membuat generasi terbaru Lancer Evolution.

Melansir Response, Senin (28/6/2021), CEO Mitsubishi Motors, Takao Kato menegaskan bahwa akan memperbaiki kondisi perusahaan terlebih dahulu dan mobil-mobil khusus seperti Lancer Evolution akan menyusul.

"Kami mengalami penurunan profit cukup berat tahun kemarin, jadi kami akan memulihkan keadaan perusahaan dahulu, setelah itu baru menghadirkan mobil-mobil dari penggemar berat Mitsubishi," sebutnya.

1 dari 2 Halaman

Kato tidak menyebutkan tanggal pasti kapan pihaknya akan kembali membahas mobil sports atau pun mulai merancang penerus Lancer Evolution.

Alasan lainnya, rupanya merembet pada proses elektrifikasi yang penuh tantangan. Transisi ke era mobil listrik membutuhkan biaya yang cukup besar dan dengan kondisi yang belum memumpuni, mereka harus memprioritaskan bidang mobil listrik.

"Proses elektrifikasi membutuhkan dana pengembangan yang besar dan saat ini kondisi perusahaan belum cukup kuat," tuturnya.

2 dari 2 Halaman

Kato menambahkan, pada tahun 2030 nanti, seluruh produk Mitsubishi akan memiliki basis mesin listrik dan akan dikenalkan pada negara-negara maju terlebih dahulu.

Mitsubishi sendiri sudah mempunyai pengalaman di bidang mobil listrik. Produsen berlogo tiga berlian itu sudah pernah meluncurkan city car listrik mereka, yaitu i-MiEV di tahun 2009 silam. Mobil ini bahkan disebut sebagai salah satu pionir di industri kendaraan listrik.

Kendati demikian presensi mobil listrik Mitsubishi sudah jarang dibicarakan. Memasuki era ramah lingkungan, mayoritas produsen mobil sudah mulai beralih fokus untuk merancang mobil listrik.

Alhasil, Mitsubishi harus segera menyusul perkembangan segmen kendaraan listrik dengan cepat. 

 

BERI KOMENTAR