HOME » BERITA » PIAGGIO BELUM BERENCANA BOYONG VESPA LISTRIK KE INDONESIA

Piaggio Belum Berencana Boyong Vespa Listrik ke Indonesia

Vespa listrik sudah dijual di beberapa negara. Sayangnya, skutik ikonik versi listrik itu belum direncanakan akan dijual di Indonesia.

Rabu, 30 Juni 2021 17:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Piaggio Belum Berencana Boyong Vespa Listrik ke Indonesia
(Kiri) Vespa Elletrica dan (Kanan) Vespa 75th Anniversary Edition. (Piaggio)

OTOSIA.COM - Ikut dalam arus era elektrifikasi bukanlah hal yang sederhana. Investasi besar membutuhkan banyak dana dan waktu yang panjang. Tapi tidak bisa dipungkiri era itu sepertinya tetap akan tiba di Indonesia.

Lantas apa saja yang PT Piaggio Indonesia siapkan untuk menjadi bagian dan menyumbang kendaraan listrik di Tanah Air?

Dalam peluncuran virtual Vespa 75thAnniversary Edition, PT Piaggio Indonesia belum memiliki rencana membawa motor listrik mereka ke Tanah Air. Namun, bukan berarti Piaggio tidak akan menawarkan produk ramah lingkungan.

1 dari 2 Halaman

Pabrikan roda dua asal Italia itu hanya menunggu waktu yang tepat. Terlebih saat ini industri kendaraan listrik Tanah Air belum sepenuhnya siap.

"Kami terus memantau progres perkembangan ekosistem kendaraan listrik, dalam segi infrastruktur, regulasi, kesiapan distribusi, dan kesiapan layanan secara menyeluruh," tutur Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, Senin (28/6/2021).

Seperti diketahui, sudah ada dua model skutik listrik Piaggio, yakni Piaggio One dan Vespa Elettrica. Piaggio One diperkenalkan di Beijing Motor Show pada tanggal 28 Mei silam. Varian tertinggi, One Active, memiliki bateriai berkapasitas 48 MAh, dengan total tenaga sebesar 2,6 hp dan torsi puncak 90 Nm.

 

2 dari 2 Halaman

Kecepatan maksimalnya mampu menembus di 60 kpj. Sedangkan jarak jelajahnya mencapai 85 kilometer dalam sekali pengisian. Skuter listrik ini dibanderol mulai dari CNY 17.800 atau setara Rp 39.9 juta (Kurs CNY 1 = Rp 2.245)

Sedangkan Vespa Elettrica pertama kali dihadirkan pada pameran Milan Motor Show (EICMA) tahun 2018 lalu. Dengan baterai 86,4 Ah, Vespa ini mempunyai torsi yang jauh lebih besar di angka 200 Nm dan tenaga maksimal 5,3 hp.

Kecepatan puncaknya mencapai 70 kpj, dan diklaim sanggup menempuh jarak 70-100 kilometer. Vespa listrik ini dibanderol harga USD 7.499 atau setara Rp 108.7 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.502).

BERI KOMENTAR