HOME » BERITA » KAPAN WAKTU IDEAL GANTI OLI SKUTIK?

Kapan Waktu Ideal Ganti Oli Skutik?

Kamis, 10 Januari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha Nmax (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sejak beberapa tahun terakhir motor bertransmisi otomatis atau matik menguasai pasar sepeda motor di Indonesia. Lantaran mudah dikendarai, hanya tinggal gas dan rem, populasinya pun setiap tahun terus bertambah. Terlebih di kota-kota besar yang kerap dilanda kemacetan, motor matik pun menjadi pilihan.

Dengan jumlah yang besar, sejumlah produsen pelumas dalam dan luar negeri mengeluarkan pelumas khusus untuk skutik, baik mineral, semi sintetik, hingga full sintetik. Namun yang kemudian jadi pertanyaan adalah kapan waktu ideal mengganti pelumas skutik?

"Waktu ideal ganti oli motor matik itu dihitung berdasarkan jam kerja motor matik itu sendiri, artinya patokannya jelas dari jarak tempuh kilometer," jelas Martin, Senior Marketing Manager TOP1 Oil Indonesia.

Menurutnya idealnya motor matik harus melakukan pergantian oli setiap menempuh jarak 3.000 - 4.000 km.

Kendati demikian, kata Martin, pergantian oli motor matik perlu dilakukan lebih cepat dari patokan jarak tempuh kilometer, terutama motor matik yang kerap kali terjebak di kemacetan.

Alasannya, pada situasi macet mesin motor matik akan terus bekerja. Lamanya nyala mesin tersebut juga harus menjadi pertimbangan dalam menentukan waktu ideal mengganti oli motor matik.

"Jarak tempuh dan waktu pakai memang menjadi faktor utama untuk menentukan waktu pergantian oli. Namun selain kedua hal tersebut, jenis base-oil yang digunakan juga dapat menjadi faktor penting lainnya," ujarnya.

Lantas Martin menyebut bahwa oli full synthetic memiliki formula yang lebih baik dibanding oli mineral karena memiliki proteksi dan jangka waktu pemakaian yang lebih lama.

Pada pemakaian normal, ambil contoh pada salah satu produk kami, TOP1 Evolution Matic Full Synthetic, masa pemakaiannya bisa sampai jarak tempuh 5.000-8.000 km, tukasnya.

Jadi, waktu paling ideal untuk mengganti oli motor matik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berapa kilometer jarak tempuh, lama pemakaian, dan jenis base oil yang digunakan, tutupnya.

Reporter : Nazarrudin Ray

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR