HOME » BERITA » KARBU DAN INJEKSI, MANA YANG LEBIH BAIK?

Karbu Dan Injeksi, Mana Yang Lebih Baik?

Kamis, 18 Januari 2018 13:30 Editor : Fajar Ardiansyah
Injeksi vs karbu (foto: Youtube Motorcyclist Magz)

OTOSIA.COM - Otolovers di jaman sekarang pasti cukup susah untuk menjumpai motor yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator. Karena memang karburator adalah sistem pembakaran yang bisa dikatakan sangat klasik dan kuno. Tapi se-kuno-kunonya karbu, sistem pembakaran ini masih tetap eksis hingga lebih dari seabad.

Dan pada tahun 1980-an mulailah muncul sistem pembakaran yang lebih mutakhir dengan sebutan injeksi. Pembakaran dengan injeksi memberikan beberapa nilai plus utamanya pada sepeda motor. Beberapa yang menjadi keunggulan injeksi adalah konsumsi bahan bakar yang lebih ramah serta emisi yang lebih sedikit.

Tapi apakah injeksi yang modern selalu lebih unggul dari karbu? Bisa iya, bisa tidak. Karena sejumlah motor yang sifatnya berkapasitas kecil dan dipergunakan untuk keperluan dengan intensitas rendah pasti akan tekor jika pakai injeksi. Itulah mengapa motor seperti Honda Vario 150 dan Yamaha Nmax bisa sangat mahal untuk ukuran motor matic.

Di sisi lain, keberadaan karbu justru sangat membantu para perusahaan otomotif yang masih menggunakan metode konvensional. Selain itu, kecocokan kebutuhan juga jadi alasan mengapa karbu masih eksis pada tahun-tahun ini. Nah, untuk lebih jelasnya mari dilihat video yang ada di bawah ini, Gengs!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR