HOME » BERITA » KARYA ANAK BANGSA, HEBATNYA KENDARAAN TEMPUR ANOA AMPHIBIOUS

Karya Anak Bangsa, Hebatnya Kendaraan Tempur Anoa Amphibious

PT Pindad (Persero) mengembangkan kendaraan yang bisa dipakai di segala medan untuk mendukung performa TNI, yakni Anoa Amphibious. Kendaraan itu bisa dipakai di darat maupun di air.

Sabtu, 12 Juni 2021 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Karya Anak Bangsa, Hebatnya Kendaraan Tempur Anoa Amphibious
Panser Anoa Amphibious (Pindad)

OTOSIA.COM - Operasi yang dilakukan oleh TNI dilakukan di segala medan. Itu mengapa, performa TNI perlu didukung dengan berbagai teknologi hingga kendaraan yang sesuai.

PT Pindad (Persero) mengembangkan kendaraan tipe APC Anoa 6x6 Amphibious untuk mendukung performa TNI. Kendaraan panser ini dikonfirmasi dapat melakukan manuver baik di jalan darat maupun permukaan air.

Panser Amphibious merupakan kendaraan yang dibuat oleh anak bangsa, dengan desain yang diciptakan dapat untuk melintasi wilayah NKRI, khususnya di daerah pedalaman yang memiliki medan yang sangat berat.

1 dari 2 Halaman

Adapun kendaraan ini merupakan pengembangkan panser Anoa 6x6 yang memiliki beragam varian, yaitu Anoa 6x6 Mortar, Anoa 6x6 Command, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 APC, Anoa 6x6 Ambulance, dan Anoa 6x6 Logistics. Mengutip dari laman resmi Pindad, pada Jumat (11/6/2021), berikut rangkuman lengkap Anoa 6x6 Amphibious.

Dalam melakukan operasinya di perairan, Anoa Amphibious dapat melaju dengan kecepatan 10 kilometer per jam, dan di jalan darat kecepatan mencapai 80 kilometer per jam.

Kemudian pada tangki, kapasitas bahan bakar ditingkatkan dari variasi panser Anoa 6x6 lainnya, untuk kapasitas bahan bakar dinaikkan menjadi 260 liter. Dengan kapasitas prajurit sebanyak 10 personel.

2 dari 2 Halaman

Selain itu, Anoa Amphibious dapat menjelajah sejauh 600 kilometer, dengan menggunakan mesin Diesel Engine in line 6 cylinder bertenaga 320 Horsepower, yang dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk melindungi prajurit selama proses pergerakan.

Adapun sebagai kendaraan amfibi, panser ini dilengkapi dengan water propeller, swimming drive system, dan sistem hidrolik untuk propulsinya.

Reporter: Anisa Aulia

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR