HOME » BERITA » KATA BOS HONDA, INI ZAMANNYA ROBOT JADI ESENSIAL DI KEHIDUPAN MANUSIA

Kata Bos Honda, Ini Zamannya Robot Jadi Esensial di Kehidupan Manusia

Kamis, 11 Januari 2018 18:30

Kata Bos Honda, Ini Zamannya Robot Jadi Esensial di Kehidupan Manusia
Robot Honda (foto: HONDA)
Editor : Fajar Ardiansyah | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Era ketika manusia sudah hidup bareng dengan robot mulanya hanya bisa dilihat di film, buku, dan komik. Namun, rencana itu kini kian nyata, setidaknya menurut Honda.

Mereka menunjukkan hal itu dengan memamerkan sejumlah robot dalam gelaran International Consumer Electronics Show 2018 (CES) tanggal 9-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Menurut Honda, semua ini ditampilkan untuk memaparkan visi bahwa teknologi robot dan AI dapat membantu manusia dalam berbagai situasi.

“Kita telah memasuki era ketika robot akan menjadi esensial di keseharian kita, dan robot memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,” ujar President & CEO Honda R&D Yoshiyuki Matsumoto.

Ada empat robot yang ditampilkan Honda dalam ajang ini. Ada 3E-D18 yang dapat membantu search and rescue (SAR), pemadam kebakaran, konstruksi, agrikultur, dan pekerjaan rumah tangga.

Lalu ada robot 3E-B18 yang dilengkapi satu kursi dan dapat digunakan sebagai kereta barang.

Terdapat pula Robot 3E-C18 yang berukuran kecil dan bisa belajar mengobservasi bagaimana orang-orang berinteraksi, serta beroperasi secara otonom.

Selain platform satu itu, ada platform lain yang berbentuk kereta dan dapat berfungsi sebagai pembawa barang, yang dilengkapi sebuah kanopi dan memiliki fungsi setir.

Terakhir ada 3E-Empathy 3E-A18, robot yang bisa menganalisis ekspresi wajah dan lingkungan di sekitarnya sehingga bisa menjadi pemandu di beberapa tempat, seperti bandara dan pusat perbelanjaan.

 (kpl/why/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-15
detail

BERITA POPULER