HOME » BERITA » KAWASAKI NINJA TERBESAR AKAN DISUNTIK MATI

Kawasaki Ninja Terbesar Akan Disuntik Mati

Kawasaki memutuskan untuk berhenti memproduksi anggota terbesar Kawasaki Ninja series, yakni Kawasaki Ninja ZX-14R.

Rabu, 27 November 2019 10:45 Editor : Cornelius Candra
Kawasaki Ninja Terbesar Akan Disuntik Mati
Kawasaki Ninja ZX-14R (Kawasaki)

OTOSIA.COM - Kawasaki Ninja bisa dibilang merupakan salah satu model sportbike tersukses dan melegenda di dunia roda dua. Bahkan, motor ini menjadi andalan pabrikan asal Jepang tersebut.

Karena itu, tak heran jika Kawasaki Ninja ditawarkan dalam berbagai kapasitas mesin, mulai 125 cc, hingga 1.000 cc supercharger. Ada juga Kawasaki Ninja ZX-14R, sportbike dengan kubikasi terbesar, 1.400 cc.

Sayangnya, mengutip dari Drivespark.com, tahun 2019 ini menjadi periode produksi terakhir Kawasaki Ninja ZX-14R. Ya, sportbike itu akan disuntik mati mulai 2020 mendatang.

Menurut sumber yang sama, pihak Kawasaki masih belum membeberkan penyebab penghentian produksi Kawasaki ZX-14R. Namun, ada beberapa hal yang kemungkinan menjadi alasan dibentuknya keputusan ini.

1 dari 2 Halaman

Termakan Saudaranya

Kawasaki Ninja Terbesar Akan Disuntik MatiTermakan Saudaranya

Salah satu alasannya ialah Kawasaki sedang memperketat standar emisi gas buang pada seluruh produknya. Dengan mesin 1.441 cc, jelas mesin ini tidak terlalu ramah lingkungan.

Kedua, Kawasaki telah memiliki pengganti Kawasaki Ninja ZX-14R, yakni Kawasaki H2 SX. Meski mengusung kapasitas yang lebih kecil, Kawasaki H2 SX menghasilkan tenaga yang sama dengan Kawasaki Ninja ZX-14R, sebesar 200 PS.

Tak hanya itu, Kawasaki Ninja H2 SX tak seberat dan sebesar Kawasaki Ninja ZX-14R. Artinya, motor ini lebih mudah dikendalikan, lincah diajak bermanuver, dan tidak membuat pengendaranya cepat lelah.

Dengan demikian, peminat motor hyper-touring pun tak sedikit yang beralih dari Kawasaki ZX-14R ke Kawasaki H2 SX. Bisa dibilang, penjualannya saat ini sedang kurang baik.

2 dari 2 Halaman

Sejarah Kawasaki Ninja ZX-14R

Kawasaki Ninja Terbesar Akan Disuntik MatiSejarah Kawasaki Ninja ZX-14R

Kawasaki Ninja ZX-14R merupakan anggota keluarga terbesar dari Kawasaki Ninja series. Hyperbike ini diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2005 sebelum resmi dirilis setahun kemudian.

Kehadiran Kawasaki ZX-14R bertujuan untuk menantang motor tercepat di dunia pada masanya, Suzuki Hayabusa. Karena itu, motor ini dibekali mesin 1.352 cc dengan figur akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,5 detik.

Hyperbike ini pun mendapat beberapa kali penyegaran sebelum akhirnya memiliki generasi baru pada 2012. Kala itu, Kawasaki menyematkan mesin baru yang bertahan sampai sekarang, 4-silinder 1.441 cc bertenaga 200 ps dan torsi 158,2 Nm.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat ini masih menjual Kawasaki Ninja ZX-14R dalam 3 varian. Tipe standar dijual dengan harga Rp336,4 juta. Sedangkan varian SE dan Ohlins masing-masing dibanderol Rp340,2 juta dan Rp358,4 juta (OTR Jadetabekser).

BERI KOMENTAR