HOME » BERITA » KAYAK PEMBALAP MOTOGP, ROMPI MOTOR INI PAKAI AIRBAG LHO

Kayak Pembalap MotoGP, Rompi Motor Ini Pakai Airbag Lho

Baju para pembalap MotoGP juga dilengkapi dengan airbag. Tapi, Kini tak perlu menjadi pembalap lebih dulu untuk bisa memakai baju yang dilengkapi airbag itu.

Kamis, 20 Juni 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Kayak Pembalap MotoGP, Rompi Motor Ini Pakai Airbag Lho
Ilustrasi baju pembalap MotoGP (Federal Oil)

OTOSIA.COM - Sistem keselamatan untuk para pembalap tak hanya disematkan pada motor mereka. Tapi apa yang mereka kenakan itu dibekali sistem pengaman, seperti bajunya yang dilengkapi dengan airbag.

Kini tak perlu menjadi pembalap lebih dulu untuk bisa memakai baju yang dilengkapi airbag itu. Sebab, perusahaan pembuat apparel motor Dainese kini meluncurkan rompo untuk pengendara motor yang dilengkapi airbag.

Teknologi yang dimiliki rompi Dainese ini menarik, sebab tak butuh bantuan konektivitas ke motor atau tambahan perangkat rumit lainnya. Dainese mengklaim bahwa pengembangan rompi ini butuh waktu 20 tahun.

1 dari 3 Halaman

Teknologi D-Air

Kayak Pembalap MotoGP, Rompi Motor Ini Pakai Airbag LhoTeknologi D-Air

Hasilnya, rompi tersebut bisa dipakai secara luas dan tak merepotkan pengendara motor biasa. Bahannya terbuat dari kain, yang diberi teknologi D-Air. 

Permukaan rompi diberi banyak ventilasi udara agar nyaman dipakai dalam berbagai kondisi cuaca. Cara pakainya dengan melapisi di luar atau di dalam jaket biasa. Makanya, lubang aliran udara ini penting untuk kenyamanan. 

Walaupun merupakan rompi safety, tak ada bahan keras layaknya protector balap. Hampir seluruhnya dibuat dengan bahan halus dan ringan. Tak menjadi masalah saat ingin mengantonginya di dalam tas. Benda itu juga mudah dilipat hingga ringkas. 

2 dari 3 Halaman

Cara Kerja

Kayak Pembalap MotoGP, Rompi Motor Ini Pakai Airbag LhoCara Kerja

Cara kerjanya mengandalkan sebuah electronic central unit. Perangkat ini bisa menganalisa bahaya melalui tujuh titik sensor. Sebanyak 1.000 kali setiap detiknya, sistem canggih itu bakal terus menjaga dari bahaya.  

Jika terdeteksi benturan, airbag langsung menyelimuti tubuh. Bahkan, mereka mengklaim proses penggembungan kantung udaranya yang tercepat. Hanya butuh waktu 45 milidetik. 

Lalu kalau sudah meletus bagaimana? Pemilik bisa menggantinya langsung ke diler Dainese terdekat. Tak perlu membeli rompi secara utuh lagi. 

Butuh waktu 6 jam untuk mengisi dayanya hingga penuh. Kekuatannya mencapai 25 jam dalam kondisi stand-by. Tapi jika diaktifkan, maksimal baterai bekerja selama 8 jam saja. Label berbahan karet yang ada di depan rompi, bakal bergetar saat dayanya habis.

3 dari 3 Halaman

Harga

Kayak Pembalap MotoGP, Rompi Motor Ini Pakai Airbag LhoHarga

Nah harganya sekitar USD 699,95 atau RP 10 jutaan. Memang terbilang mahal, tapi bisa sebanding dengan fungsinya. 

Apalagi mengingat organ vital tubuh tak hanya kepala yang biasa dilindungi helm. Beberap pengendara motor kehilanga nyawa akibat benturan di bagian yang bisa dilindungi airbag ini, yakni dada, leher, dan punggung. 

Sumber: OTO.com

BERI KOMENTAR