HOME » BERITA » KBH2 JILID 2: DAIHATSU AYLA PAKAI MESIN TURBO?

KBH2 Jilid 2: Daihatsu Ayla Pakai Mesin Turbo?

Jum'at, 10 Agustus 2018 23:00 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - Menjelang kelanjutan program kendaraan bermotor hemat bahan bakar (KBH2), selain pemerintah harusnya pabrikan mobil juga sudah mulai bergegas.

Salah satu mobil yang lahir dari program ini adalah daihatsu Ayla. Dan kini, PT Astra Daihatsu Motor memajang mobil LCGC-nya di GIIAS 2018 dengan mendapatkan peningkatan, yakni bermesin turbo.

Tak hanya bagian mesin, tampilan bodi Ayla juga sedikit dipoles sehingga terlihat sporty. Lalu, apakah mobil ini yang akan terlibat dalam program KBH2?

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra mengatakan tak akan menerapkan mesin turbo untuk Ayla.

"Nanti harganya jadi mahal, turbo itu mahal ketimbang CVT. Sekalipun emisi bisa sama," ujar Amel saat ditemui di acara GIIAS 2018, di ICE BSD, Tangerang.

Tak hanya soal harga, penerapan turbocharger pada Daihatsu Ayla juga dianggap tidak dibutuhkan semua konsumen.

"Kalau yang anak muda demen, tapi kalau yang orang tua bilangnya, 'enggak usah turbo-turboan nanti malah celaka," ucap Amel.

Amel sendiri menyatakan, untuk modifikasi Ayla memang masih bida dibenamkan turbo padabagian jantung pacunya. Akan tetapi, pemasangan turbo sangatlah maha.

Lain halnya jika turbo itu memang dijual mass production oleh pemegang merek, sudah tentu harganya lebih murah.

"Memang menggunakan turbo bisa lebih tinggi hitungannya tapi ada pertimbangannya juga," tuturnya.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR