HOME » BERITA » KECELAKAAN TRAGIS ARTIS VANESSA ANGEL, DIDUGA KECEPATAN MELEBIHI 140 KM/JAM

Kecelakaan Tragis Artis Vanessa Angel, Diduga Kecepatan Melebihi 140 Km/jam

Kronologi kecelakaan bermula dari mobil Mitsubishi Pajero Sport yang dikendarai oleh satu keluarga itu melaju dari arah Jakarta menuju Surabaya.

Kamis, 04 November 2021 18:38 Editor : Nurrohman Sidiq
Kecelakaan Tragis Artis Vanessa Angel, Diduga Kecepatan Melebihi 140 Km/jam
Vanessa Angel Kecelakaan (istimewa)

OTOSIA.COM - Vanessa Angel dan empat penumpang mobil Mitsubishi Pajero Sport mengalami kecelakaan hebat di Tol Nganjuk, Jawa Timur, Kamis siang tadi (4/11/2021). Vanessa Angel diketahui meninggal bersama dengan suaminya, Febri Ardiansyah dalam tragedi itu.

"Tiga penumpang yang luka-luka itu satu orang balita," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi oleh Merdeka.com, Kamis (4/11/2021).

1 dari 6 Halaman

Kronologi kecelakaan bermula dari mobil Mitsubishi Pajero Sport yang dikendarai oleh satu keluarga itu melaju dari arah Jakarta menuju Surabaya.

Mobil dengan nomor polisi B 1284 BJU dengan warna putih itu melaju sekira pukul 12.36 WIB. Ketika sampai di KM 672+400A, mobil mengalami kecelakaan tunggal.

 

2 dari 6 Halaman

Menurut Sony Susmana, anggota Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) dilansir dari Liputan6.com, Kamis (4/11/2021), diduga kecepatan mobil melebihi 140 Km/jam.

"Kalau dilihat dari tingkat kecelakaannya fatal seperti ini, ada kemungkinan kecepatannya di atas 140 km per jam. Nah ini kenapa diizinkan lari sekencang ini? Yang kedua, apakah sopir sudah cukup tidur sebelum mengemudi?" ungkap Sony.

3 dari 6 Halaman

Fitur Keselamatan Bukan jaminan

Jusri Pulubuhu, Founder and Lead Instructor in Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menambahkan, fitur keselamatan yang lengkap pada sebuah kendaraan tidak menjamin 100% pengemudi dan penumpang lolos dari maut.

"Secanggih-canggihnya fitur-fitur safety yang ada pada sebuah kendaraan, itu tidak menjamin orang bisa aman dan selamat dari kecelakaan serius," katanya kepada Otosia.com, Kamis (4/11/2021).

4 dari 6 Halaman

Jusri menjelaskan bahwa fatalitas korban akibat kecelakaan tersebut selain karena faktor kendaraan, juga kurang waspadanya penumpang terhadap standar keselamatan.

Sebagai contoh, mobil yang dikendarai melampaui batas kecepatan, sementara penumpang di dalam tidak menggunakan sabuk pengaman. Di sini Justri menilai sabuk pengaman secara overall safety sangat berpengaruh pada setiap penumpang.

5 dari 6 Halaman

"(Dampak kecelakaan) itu bisa saja disebabkan bukan karena faktor kendaraan. Tetapi karena perilaku atau sesuatu yang dilakukan oleh si pengemudi dan penumpang. Contoh mobil melaju melampaui batas kecepatan yang ada. Terus kebetulan penumpangnya tidak menggunakan sabuk pengaman dengan benar," jelas Jusri.

6 dari 6 Halaman

BERI KOMENTAR