HOME » BERITA » KEDALAMAN ULIR BAN MOBIL, TERNYATA ADA ATURAN DAN HUKUMNYA LHO!

Kedalaman Ulir Ban Mobil, Ternyata Ada Aturan dan Hukumnya Lho!

Jum'at, 12 Januari 2018 19:30

Kedalaman Ulir Ban Mobil, Ternyata Ada Aturan dan Hukumnya Lho!
Ban Bekas (foto: WheelCW)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Otolovers pasti sering menjumpai kecelakaan yang melibatkan mobil dengan kondisi bagian-bagian yang sudah buruk bahkan sebelum terjadi kecelakaan. Salah satu yang cukup sering terjadi adalah kecelakaan lantaran tergelincir di jalanan, dan diakibatkan oleh kondisi ban yang sudah gundul.

Hal tersebut memang sudah sangat terbukti bahayanya bagi para pengendara mobil dan pengendara lain. Selain bisa membuat mobil keluar kendali, kondisi ban yang gundul juga membuat mobil bisa alami selip bahkan saat mengerem mobil masih bisa melaju dan menerjang kendaraan serta pengendara lainnya yang ada di depan mobil tersebut.

Kemenhub sendiri lewat akun instagramnya mengunggah sebuah foto berisi ketentuan seberapa tebal minimal dari ulir yang masih diperbolehkan untuk dipergunakan mobil. Setidaknya menurut aturan dan PP 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, Pasal 73 disebutkan bahwa ban harus memiliki ulir yang setidaknya masih minimal 1 milimeter untuk kedalamannya.

Hal tersebut sangatlah beralasan karena jika ban sudah mulai gundul, maka ban tak akan lagi bisa support dengan cuaca apapun. Bahkan tak perlu ada perbedaan cuaca, terkadang ban yang sudah gundul juga tetap berbahaya jika nekat dikendarai dengan beban yang cukup besar. Segera diganti ya ban mobilnya kalau sudah mulai gundul!

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-15
detail

BERITA POPULER