HOME » BERITA » KEJAHATAN MALAM DI TAKSI ONLINE DAN PENTINGNYA KAMERA MOBIL

Kejahatan Malam di Taksi Online dan Pentingnya Kamera Mobil

Kamera mobil kini menjadi perlengkapan penting lantaran maraknya kejahatan di taksi online, terlebih pada malam hari.

Kamis, 02 Mei 2019 10:15 Editor : Cornelius Candra
Kamera mobil (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Semakin maraknya taksi online menunjukkan kebutuhan yang sesuai akan alat transportasi publik tersebut. Di sisi lain, moda ini pun memiliki tantangan dan risiko tersendiri.

Mulai kemungkinan serangan terhadap driver, berselisih paham antara sopir dan penumpang bertambah besar, dan lainnya. Namun jika dikaitkan dengan kebutuhan hukum untuk pembelaan, kerap kali alat bukti dibutuhkan. Hal itu pun menjadi problem jika terjadi pada malam hari ketika daya pantau begitu minim.

"Apalagi jika yang naik adalah seorang perempuan, tentu akan merasa risih jika Sopirnya berkata-kata yang tidak pantas atau bahkan mengajak berkenalan dan meminta nomor HP, hal ini tentu saja akan merusak nama baik perusahaan taksi online," ujar pihak Rudi Ham, Direktur Pemasaran, PT Whiteeast Indonesia (Blackvue Indonesia) penyedia cctv kabin mobil di IIMS 2019.

Di sinilah kemudian kamera cctv dalam mobil dibutuhkan. Di sisi penumpang, keuntungan dengan adanya perekaman di dalam kabin mobil adalah memberikan rasa aman karena semuanya direkam dan diawasi. Namun bagaimana jika peristiwa terjadi pada malam saat gelap?

Blackvue, perusahaan besutan Korea yang telah 12 tahun mengembangkan kamera dasbor mobil atau Dascam melihat pentingnya fitur khusus pada kamera kabin mobil yang berfungsi sebagai CCTV.

Selain coba menawarkan fitur melihat video Live Streaming, Resolusi Kamera 4K, Menyimpan ke Cloud, mereka juga menonjolkan teknologi Night Vision untuk merekam di malam hari.

"Beberapa kasus Taksi online yang melibatkan perampokan dan bahkan pembunuhan sebenarnya bisa dicegah dengan pemasangan dashcam didalam mobil, si pembuat kejahatan akan berpikir dua kali untuk merampok karena semua taksi sudah dilengkapi dengan CCTV di dalam mobil," tambahnya.

Brand yang juga tampil dalam gelaran IIMS ini pun punua produk terbaru terkait dengan problematika tersebut yang dinamai Blackvue Taksi.

"Taksi di sini bukan dimaksudkan khusus untuk mobil taksi saja, melainkan untuk semua kendaraan yang membutuhkan perekaman di dalam mobil seperti jasa ride-hailing atau taksi online, ridesharing atau berbagi tumpangan, pengawasan mobil untuk anak sekolah, bahkan lebih luas lagi untuk pengawasan sopir dan penumpang," tambahnya.

Khusus IIMS 2019, Blackvue Taksi hadir dakam 4 variant terbaru, yaitu Blackvue Cloud 4K, Blackvue Cloud FullHD, Blackvue Wifi dan blackvue Simple dengan kisaran harga dimulai Rp 3 jutaan hingga 7 jutaan.

Semua varian memiliki Infrared untuk melihat ke dalam kabin mobil sehingga video tetap jelas terlihat pada malam hari walaupun kabin dalam keadaan gelap total.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR