HOME » BERITA » KEKURANGAN PASOKAN KOMPONEN, PABRIK TOYOTA THAILAND BERHENTI PRODUKSI

Kekurangan Pasokan Komponen, Pabrik Toyota Thailand Berhenti Produksi

Pandemi COVID-19 menjadi alasan utama produksi Toyota di Thailand dihentikan

Sabtu, 24 Juli 2021 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Kekurangan Pasokan Komponen, Pabrik Toyota Thailand Berhenti Produksi
Toyota Corolla Cross (Carscoops)

OTOSIA.COM - Tiga pabrik Toyota yang berada di Thailand terpaksa menghentikan produksinya mulai 24 Juli hinga 28 Juli 2021 mendatang. Pihak Toyota akan melakukan peninjauan dan pengumuman lanjutan pada 29 Juli 2021.

Menurut laporan Nikkei Asia, alasan penghentikan produksi ini dikarenakan kekurangan komponen. Para pemasok Toyota tidak dapat melakukan produksi karena pandemi COVID-19. Alhasil secara tidak langsung menyebabkan Toyota kekurangan komponen yang diperlukan untuk melakukan produksi.

1 dari 2 Halaman

Sementara itu, sebenarnya penghentikan produksi bukan sepenuhnya disebabkan kekurangan komponen, melainkan karena kebetulan ada hari libur di Thailand.

Diketahui kapasitas produksi tahunan pabrik Toyota Thailnad mencapai 760.000 unit, akan tetapi pada tahun 2020 hanya 440.000 unit saja. Selain itu, Thailand menjadi pusat produksi luar negeri terbesar ketiga untuk Toyota setelah China dan Amerika Serikat.

2 dari 2 Halaman

Ini merupakan kali kedua produksi Toyota di Thailand dihentikan karena pandemi COVID-19. Pertama terjadi Maret tahun lalu saat pabrik terpaksa ditutup karena awal merebaknya wabah COVID-19.

Saat berita ini ditulis, belum diketahui secara pasti dampak penghentian produksi di Thailand bagi Toyota Indonesia. Namun diketahui bahwa ada beberapa model yang didatangkan langsung dari Thailand, yaitu Camry, Corolla Altis, C-HR, hingga Corolla Cross.

BERI KOMENTAR