HOME » BERITA » KELEBIHAN STOP & START SYSTEM YAMAHA TERBARU

Kelebihan Stop & Start System Yamaha Terbaru

Senin, 07 November 2016 20:45 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Yamaha

OTOSIA.COM - Yamaha Indonesia motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini menghadirkan tiga model baru yang telah disematkan teknologi Stop & Start System (SSS). Teknologi yang sebenarnya telah ada sejak lama ini membantu dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Karena cara kerjanya mematikan mesain saat motor dalam keadaan berhenti. Sehingga memungkinkan pembakaran bahan bakar yang tak diperlukan dapat dieliminasi. Yang kemudian dilanjutkan dengan menyala secara otomatis ketika handle gas dibuka.

Meski begitu, Yamaha telah meningkatkan dan menyesuaikan teknologi tersebut dengan kondisi jalanan Indonesia. M. Abidin selaku General Manager Aftersales dan Motorsport YIMM mengungkapkan bahwa teknologi SSS ini akan bekerja dalam beberapa kondisi, seperti tombol SSS di posisi menyala, kecepatan motor sudah pernah lebih dari 10 km per jam dan suhu mesin minimal 50 derajat Celcius.

Namun, yang membuatnya berbeda adalah jeda mesin mati saat berhenti, yaitu 5 detik setelah handel gas ditutup.

"Kenapa 5 detik baru mesin mati, karena kami sudah melakukan riset di jalan. Bahwa spesifikasi ini yang tepat dan nyaman. Kalau sedikit-sedikit mati, terkadang juga mengganggu," ucap Abidin.

Selain itu, teknologi SSS ini disandingkan dengan sistem battery saver terbaru. Dimana sistem ini memungkinkan umur baterai atau aki tidak cepat habis karena tersedot oleh teknologi SSS.

(kpl/fid/fdk)

BERI KOMENTAR