HOME » BERITA » KEMBALI BERAKTIVITAS DI MASA NEW NORMAL, INI TIPS BERKENDARA MOTOR YANG PERLU DITERAPKAN

Kembali Beraktivitas di Masa New Normal, Ini Tips Berkendara Motor yang Perlu Diterapkan

Yuk perhatikan beberapa tips berkendara dengan motor berikut ini agar tetap prima.

Kamis, 16 Juli 2020 20:42 Editor : Iwan Tantomi
credit via Shutterstock

OTOSIA.COM - Setelah tiga bulan di rumah saja, sekarang waktunya kembali beraktivitas di era new normal. Dari yang sebelumnya work from home (WFH), kini bersiap work from office (WFO). Tentu ada rasa senang, karena setelah sekian lama akhirnya bisa berinteraksi lagi dengan teman-teman.

Meski begitu, rasa khawatir tentu saja masih menghinggapi. Terlebih lagi, pandemi ini juga belum bisa dipastikan berakhir sepenuhnya, sehingga protokol kesehatan terkait COVID-19, tetap perlu dijalankan di era new normal ini.

Bukan hanya saat naik kendaraan umum, tetapi saat berkendara menuju tempat kerja menggunakan motor pun juga tetap perlu waspada. Nah, buat kamu yang sehari-hari menggunakan motor untuk berkegiatan di luar rumah, yuk perhatikan beberapa tips berkendara dengan motor berikut ini agar tetap prima.

Gunakan Masker dan Bawa Selalu Masker Cadangan

credit via Shutterstock

Masker kini sudah jadi perlengkapan wajib dipakai saat ke luar rumah, termasuk ketika berkendara dengan motor. Selain melindungi dari debu dan kotoran yang bisa terhirup, cara ini juga dapat mengurangi risiko penyebaran virus.

Bukan hanya menerapkan cara yang tepat dalam menggunakan masker, jangan lupa juga untuk selalu membawa masker cadangan. Hindari menggunakan masker selama berjam-jam bahkan sampai seharian, tapi ganti setiap empat jam sekali atau saat masker terasa lembap. Selain menjaga kenyamanan, rutin mengganti masker juga dapat menekan risiko kontaminasi virus maupun bakteri.

Pakai Helm Full Face dan Bersihkan Secara Rutin

credit via Shutterstock

Arus lalu lintas yang mulai padat bikin pengendara motor mulai diliputi was-was, apalagi saat berhenti di lampu merah atau saat terjebak kemacetan. Tak bisa menjaga jarak aman, proteksi diri dengan menggunakan masker dan helm full face agar terlindung dari penyebaran virus.

Usahakan bersihkan helm secara rutin, misalnya dengan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum maupun sesudah digunakan, hingga menjemur helm di bawah terik matahari selama beberapa jam. Hindari juga untuk meminjamkan helm atau memakai helm milik orang lain untuk menghindari penularan penyakit.

Gunakan Sarung Tangan dan Jaket Selama Berkendara

credit via Shutterstock

Demi proteksi diri, kamu yang mengendarai sepeda motor sebaiknya tetap menggunakan sarung tangan dan jaket. Selain melindungi diri dari risiko kecelakaan di jalan raya, perlengkapan wajib ini dapat mencegah kontaminasi virus atau bakteri saat berkendara. Begitu sampai kembali di rumah, segera cuci jaket dan sarung tangan dengan menggunakan air dan sabun hingga bersih.

Jangan Lupa Mulai Lakukan Perawatan Motor Secara Rutin untuk Menjaga Performa Berkendara Di Jalan

credit by Castrol

Bukan hanya melindungi diri dari penyebaran penyakit, kendaraan andalanmu untuk beraktivitas di new normal pun wajib dijaga. Awali dengan rutin mengganti oli mesin motor untuk menjaga mesin tetap sehat.

Pilih oli yang dapat memberikan perawatan motor secara optimal seperti Castrol POWER1 baru dengan Power Release Technology™ yang mampu mengurangi gesekan pada mesin sehingga mampu memberikan akselerasi superior untuk motor kamu sejak tarikan tuas gas pertama. Dengan begitu, bisa mengurangi gesekan pada mesin dengan lebih optimal.

credit by Castrol

Khusus buat kamu yang memiliki motor matic, kamu bisa mengandalkan Castrol POWER1 Matic baru dengan Scootek Technology™. Formula unik ini mampu bertahan di suhu mesin motor matic yang lebih panas dibandingkan motor biasa, sehingga dapat memberikan akselerasi superior pada motor matic-mu untuk melesat lebih cepat. Cek informasi selengkapnya di sini.

(kly/tmi)