HOME » BERITA » DIBERITAKAN COMEBACK KE INDONESIA, INILAH 5 MODEL CHERY TERAKHIR YANG PERNAH DIRILIS DI TANAH AIR

Diberitakan Comeback ke Indonesia, Inilah 5 Model Chery Terakhir yang Pernah Dirilis di Tanah Air

Sebelum kembali ke Indonesia pada Mei 2021, brand asal China Chery terakhir merilis 5 mobil sekaligus pada tahun 2012 silam. kelima mobil tersebut mulai dari sedan sampai transcab.

Kamis, 16 September 2021 14:15 Editor : Nazarudin Ray
Diberitakan Comeback ke Indonesia, Inilah 5 Model Chery Terakhir yang Pernah Dirilis di Tanah Air
MPV Chery Eastar 2012 (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Di saat Wuling Motors dan DFSK hadir, brand asal China Chery lebih dulu menancapkan kukunya di pasar otomotif Indonesia.

Chery pertama kali hadir di tahun 2006 silam dibawah PT Unicor Prima Motor, perusahaan patungan antara Chery Automobile dan PT Indomobil Sukses Internasional.

Tidak tanggung-tanggung, saat itu Chery memboyong 12 produknya sekaligus ke tanah air. Namun setelah merilis 5 model sekaligus pada April 2012, nama Chery tenggelam.

1 dari 7 Halaman

Lantaran penjualannya yang hanya ratusan unit perbulan, akhirnya Indomobil melepas Chery. Menyusul lesunya penjualan beberapa dealer Chery akhirnya ditutup.

Tapi rupanya brand asal Tiongkok ini diam-diam kembali lagi ke Indonesia pada bulan Mei 2021 lalu. Hal ini terungkap lewat postingan akun Instagram @cherymotorsindonesia. Unggahan terbaru Chery menampilkan SUV Tiggo 8. Foto ini diposting Rabu kemarin (15/9/2021).

Nampaknya Chery tidak ingin Tiggo 8 mengikuti jejak model serupa bermesin 1.600cc yang pernah diperkenalkan PT Chery Mobil Indonesia (CMI) tahun 2012 silam.

Cherry Campus 2012

2 dari 7 Halaman

Lima model terakhir Chery

Sekadar mengingat ke belakang, lima model terakhir Chery yang pernah dirilis CMI pada 2012 silam di salah satu gerai mereka di jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, terdiri dari SUV, MPV dan pick-up

Ketika itu, selain menjagokan Eastar 2.0-liter (MPV), Tiggo 1.6L (SUV) dan TransCab 1.100cc (pick up), merek China ini juga membawa model lainnya ke Indonesia, termasuk sedan dan hatchback.

Berikut 5 model Chery terakhir yang pernah menyapa Indonesia di tahun 2012 lalu:

3 dari 7 Halaman

1. Chery Campus

City car berkapasitas mesin 1.3-liter ini memiliki kelengkapan di antaranya, ABS+EBD, dashboard berdesain barrel shape combination, multi-angle adjustable electric rearview mirror, digital revearse radar dan model lampu diamond LED. Chery membidik kalangan muda untuk sedan hatchback-nya ini. Mobil asal China ini mencoba bersaing dengan pabrikan raksasa Jepang, seperti Toyota Yaris, Daihatsu Sirion, Honda Jazz, Suzuki Estillo, serta Nissan March.

 

4 dari 7 Halaman

2. Chery Cruise

Ini adalah sedan keluarga dengan bekal mesin berkapasitas 1.6-liter. Dekorasi interiornya bergaya exquisite, 6 airbags, dan concealed back door handles. Fitur lainnya, electronic stability program, suspensi four link rear independent, dan waterfall shaped console.

Cherry TransCab 2012

5 dari 7 Halaman

3. Chery Cristal

Sedan sekelas Honda City atau Toyota Vios ini berkapsitas mesin 1.500cc dengan kelengkapan fitur keselamatan lumayan komplet pada zamannya, seperti 4 airbags dan humanization safety head restraint. Sedan Cristal memiliki kapasitas ruang (storage space) 1.400L, three in one instrument, dan desan eksterior cukup menarik, tak kalah dengan pabrikan Jepang atau Eropa.

6 dari 7 Halaman

4. Cherry Cristal HB

Model line up Chery Cristal mengingatkan pada dua varian Ford Focus, sedan dan hatchback. Jika Cristal adalah versi sedannya, maka embel-embel huruf AB di belakangnya menandakan jika ini adalah varian hatchback, alias lima pintu.

Desainnya lumayan sporty dan modern. Kelengkapan fiturnya hampir sama dengan versi sedan, ada 4 kantung udara, humanization safety head restraint, three in one instrument, serta desain eksterior yang terlihat spesial.

 

7 dari 7 Halaman

5. Chery TransCab

Jika varian bak terbuka (pick up) telah resmi diperkenalkan CMI, TransCab adalah jenis kendaraan penumpang (passenger car). Desain kendaraan keluarga berkapasitas 1.100cc ini mirip-mirip dengan Daihatsu Grand Max, namun ia memiliki kelengkapan berbeda dengan varian komersial.

Fitur yang terdapat pada TransCab 1.1 di antaranya top mounted active amplification antenna, wide angle outside rearview mirror, anti glare inside rearview mirror dan mucle sense wheel cap. Selain itu ada juga fog lamp depan dan belakang, four door step style pedals, dan striking waterfall type tail lamp.

BERI KOMENTAR