HOME » BERITA » KEMENANGAN DUCATI DI MOTOGP QATAR DICURIGAI CURANG, BENARKAH DEMIKIAN?

Kemenangan Ducati di MotoGP Qatar Dicurigai Curang, Benarkah Demikian?

Selasa, 12 Maret 2019 16:45 Editor : Cornelius Candra
Andrea Dovizioso (oasports.it)

OTOSIA.COM - Pasca berakhirnya balapan seri 1 MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar beberapa waktu lalu, kini tim Ducati tengah diselidiki terkait penggunaan winglet ban belakang selama balapan berlangsung.

Dilansir dari Motorsport, saat itu Ducati memang memperkenalkan winglet baru yang di posisikan tepat di depan ban belakang. Komponen tersebut diduga berguna untuk mendinginkan ban belakang selama balapan berlangsung. Sebelumnya, penggunaan winglet ini memang telah diuji coba oleh Danilo Petrucci dan juga Andrea Dovizioso.

Pada akhirnya saat balapan berlangsung, Dovizioso sukses memimpin jalannya lomba dan berhasil keluar sebagai juara pertama setelah mengalahkan Marc Marquez hanya dengan perbedaan waktu 0,023 detik.

Atas dasar kecurigaan itulah, maka 4 tim pesaing Ducati yaitu Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM mengajukan aduan kepada pihak pengawas lomba dan pihak MotoGP. Hal ini dilakukan untuk meminta penyelidikan dan memberikan keterangan terkait legalitas penggunaan winglet tersebut.

Saat ini, pihak Ducati telah diminta oleh tim teknis MotoGP menyerahkan winglet tersebut untuk diperiksa guna memastikan apakah hal ini melanggar regulasi atau tidak. Nantinya, setelah dilakukan investigasi secara menyeluruh, maka pihak MotoGP akan mengumumkan hasil temuannya.

Hingga saat ini, Andrea Dovizioso yang sukses meraih podium satu pada balapan lalu masih bertengger di pucuk klasemen dengan 25 poiun. Sementara rekan setimnya, Danillo Petrucci berhasil finish di posisi enam pada MotoGP Qatar 2019 lalu.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR