HOME » BERITA » KEMENPAREKRAF BERIKAN PENDAMPINGAN USAHA UNTUK PARA JUARA KREATIF LOKAL AWARD 2020

Kemenparekraf Berikan Pendampingan Usaha untuk Para Juara Kreatif Lokal Award 2020

Para pemenang Kreatif Lokal Award 2020 akan mendapatkan pendampingan bisnis dari Kemenparekraf, lho!

Minggu, 22 November 2020 07:00 Editor : Wuri Anggarini
(c) Youtube/Adira Finance

OTOSIA.COM - Setelah melalui tahap penyisihan dari ribuan peserta dan proses penjurian ketat yang melibatkan 18 finalis, akhirnya Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020 menjadi puncak acara dari Festival Kreatif Lokal 2020 yang dipersembahkan oleh Adira Finance. 30 tahun hadir menemani masyarakat Indonesia, Adira Finance terus berkreasi dan berinovasi, salah satunya adalah kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) lewat FKL 2020 dengan tema #BangkitBersamaSahabat.

Program ini sendiri bertujuan untuk memotivasi para pelaku UKM agar terus menciptakan prestasi kerja mengagumkan. Kreatif Lokal Award 2020 diberikan kepada para pemenang di 6 kategori kreatif bertepatan dengan puncak perayaan HUT ke-30 Adira Finance pada Jumat (13/11/2020).

"Lewat Kreatif Lokal Award 2020, 18 pelaku wirausaha telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dengan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas, sehingga meningkatkan taraf hidup dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Kami berharap mereka dapat menginspirasi kita semua, serta memberikan semangat untuk bersama-sama bangkit dan bersinergi dalam memajukan perekonomian Indonesia," jelas Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, saat memberikan sambutannya.

Enam UKM telah terpilih sebagai pemenang dari Kreatif Lokal Award 2020. Nggak hanya mendapatkan pendanaan dalam bentuk uang saja, mereka juga mendapat kesempatan pendampingan usaha dan business coaching, salah satunya dari Kemenparekraf, lho!

Komitmen Kemenparekraf dalam Program #BeliKreatifLokal

Kemenparekraf nggak setengah-setengah dalam memberikan dukungan kepada para pemenang Kreatif Lokal Award 2020. Mereka juga akan terus memberikan pendampingan usaha dan mengikutsertakan para finalis dalam program yang tersedia luas di Kemenparekraf, seperti #BeliKreatifLokal.

Melalui FKL ini pula diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik bahwa mereka bisa menjadi pejuang negeri dengan #BanggaBuatanIndonesia dengan cara mengkonsumsi dan mrmbeli produk kreatif lokal. Dengan mengkonsumsi produk kreatif lokal, maka mereka telah membantu UMKM menjadi tulang punggung pertahanan laju perekonomian Indonesia" jelas Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf.

Business Coaching dan Dukungan Media

Masih banyak lagi benefit yang diperoleh para juara Kreatif Lokal Award 2020. Selain mendapatkan uang tunai dengan total pendanaan senilai puluhan juta rupiah, para pemenang juga akan mendapatkan modal lainnya untuk meningkatkan usaha mereka. Salah satunya adalah business coaching dan mentoring dari Daniel Tumiwa serta Bukalapak. Mereka juga akan mendapatkan exposure di media masa dengan total nilai Rp 800 juta, lho.

Siapa Saja Sih Para Juara Kreatif Lokal Award 2020?

Dari 18 finalis yang lolos ke tahap penjurian Kreatif Lokal Award 2020, akhirnya terpilih 6 UKM dari 6 kategori sebagai juaranya. Dari kategori Fashion ada Ezmour yang memproduksi tas dan sepatu kulit dengan harga terjangkau. Selanjutnya Kotak Narsis adalah pemenang dalam kaategori Fotografi.

Di kategori Pertunjukan Serumpun Lima dari Balikpapan yang terpilih sebagai pemenangnya. Sementara itu, Dewi Home Crab menjadi pemenang dalam kategori Kuliner lewat inovasinya mengolah pempek rajungan. Kategori Kriya, Dekardekorshop yang terpilih sebagai juara pertama dan Aceh Documentary pemenang di kategori Video.

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

(adv/wri)

BERI KOMENTAR