HOME » BERITA » KEMENPORA PRIHATIN RIO GAGAL BERLOMBA DI F1 2017

Kemenpora Prihatin Rio Gagal Berlomba Di F1 2017

Selasa, 03 Januari 2017 18:37

Kemenpora Prihatin Rio Gagal Berlomba Di F1 2017
Rio Haryanto (c) Fitri Apriani

Otosia.com - Kabar gagalnya Rio Haryanto berlomba di ajang Formula 1 membuat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) prihatin. Namun, mereka tetap berharap karir pebalap asal Solo itu tak layu akibat hal tersebut.


Rio dipastikan gagal tampil di Formula 1 musim 2017 lantaran tak memiliki dana. Dana tak didapat pebalap berusia 23 tahun itu karena tidak ada sponsor yang mau mendukungnya ikut balapan jet darat itu. Sponsor tahun lalu, Pertamina, nampaknya cukup keberatan membiayai lagi ongkos balapan yang memang mahal.


Kepala Bidang Komunikasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengaku prihatin dengan kondisi Rio tersebut. Namun, dia menilai kondisi yang dialami Rio dan Pertamina tak bisa dipaksakan


"Kami tentu saja turut prihatin saat itu mendengar info bahwa Rio tidak bisa berlaga lagi di F1. Awalnya Pertamina didekati Sauber dan memang sejak semula Pertamina sudah komit mau bantu Rio asal tidak dengan Manor. Sauber kan lebih baik, tapi dengan harga sama. Namun karena Sauber minta buru-buru, ya akhirnya lepas seat-nya tepat dua hari jelang malam Natal," ujar Gatot, Selasa (3/1).


"Kami tidak bisa paksa Pertamina karena itu menyangkut anggaran yang tidak kecil. Apalagi APBN tidak memungkinkan kecuali tempo hari dari Kemenpar (Kementerian Pariwisata) sebanyak Rp. 3 milyar (tapi saya nggak tahu apa Tim Rio sudah terima dana tersebut)," terang pria asal Yogyakarta ini.


Gatot berharap, kasus ini tak membuat karir Rio kandas. Dia berharap Rio bisa terus membalap di ajang tersebut, meski masalah dana adalah masalah yang cukup pelik.


"Harapan kami karier Rio tidak berhenti hanya gara2 soal dana, meski kami akui itu faktor utama." tutupnya. (fit/asa)

Sumber : Bola.net






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-15
detail

BERITA POPULER