HOME » BERITA » KEMUNGKINAN PERPANJANGAN PPKM DARURAT, JUBIR LUHUT: BELUM ADA RENCANA

Kemungkinan Perpanjangan PPKM Darurat, Jubir Luhut: Belum Ada Rencana

Ini tanggapan Jubir Luhut terkait kemungkinan perpanjangan PPKM Darurat

Selasa, 13 Juli 2021 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Kemungkinan Perpanjangan PPKM Darurat, Jubir Luhut: Belum Ada Rencana
Petugas dari Korps Brimob melakukan penyekatan (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

OTOSIA.COM - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai diberlakukan pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Namun kini ada wacana bahwa pemerintah akan memperpanjangnya.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Jodi Mahardi membantah. Ia menyebutkan bahwa pemerintah hingga kini belum ada rencana terkait hal itu.

"Belum ada rencana perpanjangan PPKM Darurat. Namun, kita akan cermati perkembangan penurunan laju penyebaran kasus," kata Jodi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (13/7/2021).

1 dari 3 Halaman

Kendati begitu, Jodi tidak menjawab saat ditanya terkait kemungkinan adanya perpanjangan PPKM Darurat apabila kasus Covid-19 masih tinggi. Termasuk, saat dikonfirmasi soal skenario perpanjangan PPKM Darurat hingga 6 minggu.

Menurut Jodi, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya dalam menangani lonjakan kasus Covid-19. Mulai dari, mengusahakan ketersediaan oksigen bagi seluruh daerah dengan memaksimalkan pasokan dari perusahaan-perusahaan nasional dan impor oksigen.

2 dari 3 Halaman

Kemudian, menambah jumlah tempat tidur pasien Covid-19 dan membangun Rumah Sakit (RS) lapangan dengan memaksimalkan seluruh gedung milik pemerintah. Selain itu, mengupayakan ketersediaan obat-obatan pasien Covid-19.

"Peningkatan vaksinasi dilakukan oleh TNI Polri dan juga Dinkes langsung ke daerah-daerah marginal dimulai pekan ini," ujar Jodi.

3 dari 3 Halaman

Pemerintah Siapkan Skenario PPKM 6 Minggu

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan pemerintah telah menyiapkan skenario Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama 4-6 minggu. Skenario itu disiapkan melihat risiko pandemi Covid-19 yang masih tinggi.

Sementara itu, penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali dilakukan selama 18 hari dari 3-20 Juli 2021. Kemudian pemerintah menambah 15 kabupaten kota di luar Jawa-Bali untuk memberlakukan PPKM Darurat mulai 12 Juli 2021.

"PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus,? tulis Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam Rapat Kerja Bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 13 Juli 2021.

Penulis: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR