HOME » BERITA » KENA PAJAK 0 PERSEN, KIRA-KIRA SEGINI DISKON HARGA TOYOTA RAIZE

Kena Pajak 0 Persen, Kira-Kira Segini Diskon Harga Toyota Raize

Harga Toyota Raize di Indonesia bisa turun sekitar Rp15 jutaan dari banderol seharusnya.

Senin, 01 Maret 2021 11:15 Editor : Cornelius Candra
Kena Pajak 0 Persen, Kira-Kira Segini Diskon Harga Toyota Raize
Toyota Raize (Toyota)

OTOSIA.COM - Pemerintah akhirnya merilis daftar mobil yang terkena relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Total, ada 21 model yang mendapat pajak 0 persen, salah satunya Toyota Raize.

Hadirnya nama Toyota Raize memperkuat sinyal kehadiran SUV ini di Indonesia. Selain itu, beberapa dealer pun sudah membuka pemesanan untuk mobil tersebut. Tapi, memang masih belum ada informasi terkait harga resminya.

1 dari 2 Halaman

"Pemesanan sudah dibuka, booking-fee cukup Rp10 juta. Soal harga resminya masih belum diinfokan, kemungkinan di antara Avanza dan Rush, sekitar Rp150-250 jutaan," ujar salah seorang tenaga penjual mobil Toyota kepada redaksi Otosia pekan lalu (21/2).

Bisa dipastikan juga bahwa Toyota Raize berstatus CKD (completely knocked-down) dan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mobil ini sudah di atas 70 persen. Disebut-sebut, produksinya ditangani oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), bersamaan dengan Daihatsu Rocky.

2 dari 2 Halaman

Berdasarkan Permendagri No.1 Tahun 2021, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Toyota Raize sebesar Rp146-198 juta. Diprediksi, harga resminya setelah terkena berbagai macam pajak akan berkisar di angka Rp195-270 jutaan.

Berkat diberlakukannya pajak 0 persen, tentu harga Toyota Raize sedikit lebih murah. Dengan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp153,3-207,9 juta, diprediksi penurunannya berkisar di angka Rp15-21 jutaan, tergantung varian.

BERI KOMENTAR