HOME » BERITA » KENA PPNBM NOL PERSEN, INI 4 MOBIL DAIHATSU YANG TURUN HARGA

Kena PPnBM Nol Persen, Ini 4 Mobil Daihatsu yang Turun Harga

Daihatsu memastikan 4 mobilnya akan turun harga pada pekan depan, menyusul pemberian PPnBM nol persen pada bulan Maret 2021 mendatang.

Sabtu, 20 Februari 2021 11:15 Editor : Nazarudin Ray
Kena PPnBM Nol Persen, Ini 4 Mobil Daihatsu yang Turun Harga
SUV Daihatsu Terios turun harga pekan depan (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Daihatsu memastikan empat mobilnya akan mengalami penurunan harga pada Maret mendatang, menyusul pemberian lekasasi PPnBM nol persen oleh pemerintah. Harga baru kelima model tersebut akan diumumkan pekan depan.

Keempat kendaraan Daihatsu yang bakal turun harga minggu depan adalah Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max Minibus. Hanya saja, belum diketahui berapa besar penurunan harga empat mobil tersebut. Daihatsu mengaku tengah melakukan hitung-hitungan dan sambil menunggu petunjuk dan pelaksanaan PPnBM nol persen.

"Mengenai pengaruh ke harga, iya. Yang kena PPnBM di Daihatsu itu adalah Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Minibus. Untuk bisa mendapatkan (penurunan harga) itu kami harus melihat juklaknya sepertia apa, dan apa yang harus kami lakukan berikutnya," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor saat Daihatsu Virtual Press Conference, Amelia Tjandra, Jumat (19/2/2021).

1 dari 2 Halaman

Tidak Berdampak ke LCGC

Lebih lanjut, Amelia Tjandra meluruskan infromasi yang beredar di dunia maya bahwa LCGC mereka ikut kena relaksasi pajak. Menurut Amelia, Daihatsu Sigra maupun Ayla tidak masuk dalan PPnBM nol persen, sehingga tidak ada perubahan harga.

Model Daihatsu lainnya yang tidak terpengaruh kebijakan penurunan PPnBM bertahap adalah Sirion, Gran Max Pick Up dan blind van. Jadi total ada 5 model Daihatsu yang tidak ikut terkena PPnBM nol persen.

Xenia ikut menyesuaikan harga PPnBM nol persen

"Ada reviewer yang menghitung-hitung relaksasi LCGC itu 3 persen, dan ini dibagikan ke followersnya. Padahal LCGC, pikap, dan blind van sudah nol persen. Itu informasi salah. Yang kena di Daihatsu itu adalah Xenia, Terios, Luxio, Gran Max minibus. Untuk Sirion, Ayla, Sigra dan pikap, serta blind van tidak ada bedanya. Jadi bulan ini dan bulan depan (harganya) sama saja," ungkapnya.

2 dari 2 Halaman

Pengumuman relaksasi pajak sendiri diakui Daihatsu berdampak pada penjualan kendaraan baru di bulan Februari lantaran konsumen menunda sampai PPnBM baru mulai diterapkan. Artinya penjualan Daihatsu di bulan Februari diprediksi lebih rendang dibandingkan Januari 2021.

"Empat model terkena dampak relaksasi pasti terjadi penurunan. Lima lagi tidak terkena dampaknya. Mohon bantuan temen-teman media mengedukasi dan memberi informasi ke masyarakat bahwa 5 model lainnya tidak termasuk yang terdampak. Jadi mau beli sekarang atau bulan depan sama saja, jadi mereka tidak usah menunda pembelian 5 model itu," tukas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Div. Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Sebelumnya diberitakan, untuk menggairahkan kembali sektor otomotif sekaligus memacu kontribusinya terhadap perekonomian nasional, pemerintah pemberian relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Relaksasi PPnBM akan dilakukan selama tahun 2021, dengan skenario PPnBM 0 persen (Maret-Mei), PPnBM 50 persen (Juni-Agustus), dan 25 persen (September-November).

BERI KOMENTAR