HOME » BERITA » KENAIKAN DOLAR DONGKRAK EKSPOR SEPEDA MOTOR INDONESIA

Kenaikan Dolar Dongkrak Ekspor Sepeda Motor Indonesia

Kamis, 13 September 2018 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan sepeda motor terbesar di Asia Tenggara, dan menempati peringkat ketiga di dunia setelah Cina dan India. Maka tak salah jika produsen-produsen sepeda motor dunia melirik Indonesia sebagai pasar yang sangat menjanjikan.

Berbagai produk sepeda motor, baik dari Asia, Eropa hingga Amerika turut membanjiri pasar roda dua Tanah Air.

Indonesia bukan saja sebagai pasar, namun juga menjadi negara basis produksi global untuk beberapa jenis sepeda motor. Sejalan dengan pertumbuhan sepeda motor domestik, di tingkat ekspor, motor buatan Indonesia makin diminati mancanegara.

Foto by Nazarudin Ray

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), ekspor sepeda motor Indonesia pada bulan Januari Juni 2018 mengalami lonjakan sebesar 43,5% menjadi 265.662 unit dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 185.093 unit.

Peningkatan ekspor yang cukup signifikan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain industri sepeda motor domestik yang semakin kompetitif, pasar baru ekspor sepeda motor ke Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Latin, pertumbuhan signifikan ekonomi negara tujuan ekspor, dan menguatnya nilai tukar Dollar AS terhadap rupiah beberapa bulan terakhir yang menyebabkan harga sepeda motor produksi Indonesia semakin kompetitif di pasar internasional.

"Selain menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penerimaan pajak, kontribusi positif industri sepeda motor juga semakin besar sejalan dengan peningkatan ekspor sepeda motor ke manca negara," kata Johannes Loman, Ketua Umum AISI.

Indonesia sendiri saat ini masih menjadi pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia setelah India (20 juta unit) dan Cina (15.09 juta unit). Penjualan sepeda motor di Indonesia tahun ini diperkirakan akan menembus angka 6 juta unit.

Sementara itu, penjualan sepeda motor di pasar domestik pada semester pertama tahun ini meningkat 11,19% dengan total penjualan sebanyak 3 juta unit.

Reporter : Nazarudin Ray

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR