HOME » BERITA » KENAL LEBIH DEKAT DENGAN GENRE MOTOR CRUISER

Kenal Lebih Dekat Dengan Genre Motor Cruiser

Ada salah satu genre yang cukup jarang dijumpai di Indonesia, yaitu motor cruiser. Sebenarnya, apa ciri-ciri yang paling mencolok?

Senin, 13 Agustus 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Honda Gold Wing 2018/ Labo.fnac.com

OTOSIA.COM - Pasar sepeda motor Indonesia bisa dibilang memiliki model yang lengkap. Pasalnya, semua jenis bisa dibeli, mulai dari skutik (skuter matik), maxi-skuter, naked-sportbike, fairing-sportbike, adventure-touring, hingga motor trail.

Namun, ada salah satu genre yang cukup jarang dijumpai, yaitu motor cruiser. Sebenarnya, apa ciri-ciri yang paling mencolok?

Harley-Davidson Road Glide

Mengutip dari Motorcyclevalley.com, motor cruiser cenderung memiliki handle-bar atau stang yang cukup tinggi. Selain itu, postur berkendaranya terbilang nyaman karena posisi pijakan kaki atau footstep yang lebih maju dari motor biasa.

Ciri-ciri lain dari motor cruiser ialah bentuk tangki besar yang cenderung melebar dan membulat. Selain itu, biasanya, diameter velg depan lebih lebar ketimbang belakang. Contohnya, jika velg depan berdiameter 19 inci, maka velg belakang berdiameter 17 inci.

Yamaha V-Star 1100

Mulanya, sepeda motor cruiser ditemukan pada tahun 1930-an. Dari sana, muncul tiga pabrikan yang bisa dibilang terkenal, yaitu Indian, Excelsior, dan yang paling legendaris Harley-Davidson.

Secara performa, motor cruiser lebih mantap di putaran atas. Dengan kata lain, genre ini tak terlalu baik dalam berkaselerasi. Alasannya tentu untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, terlebih dengan posisi berkendara yang tegak.

BMW R1200 RT

Sayangnya, ada beberapa kelemahan pada motor cruiser. Karena dimensi yang cenderung besar, genre ini cukup sulit untuk bermanuver, terlebih saat menghadapi kemacetan. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya cenderung tak seirit model lain.

Menariknya, kebanyakan motor cruiser dengan mesin berkapasitas besar, di atas 250cc, tetap nyaman dikendarai dengan kecepatan rendah, di bawah 50km/jam. Biasanya, untuk memperkuat karakternya, dapur pacu motor cruiser berkonfigurasi V-twin 2-silinder layaknya Harley-Davidson. Namun, tak menutup kemungkinan ada yang lebih dari 2-silinder dengan konfigurasi inline maupun boxer.

Honda CMX500 Rebel

Beberapa motor cruiser dengan mesin V-twin adalah Harley-Davidson V-Rod, Suzuki Intruder 800, dan Yamaha V-Star series. Sedangkan motor cruiser berkonfigurasi inline seperti Benelli Patagonian Eagle 250, Kawasaki Vulcan S, dan Honda CMX500 Rebel.

Sementara itu, ada motor cruiser dengan mesin boxer atau horizontal, yaitu Honda Gold Wing dan BMW R1200 RT. Ada pula yang hanya mengusung 1-silinder, yaitu Suzuki Intruder 150 dan Honda CMX300.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR