HOME » BERITA » KENAL LEBIH DEKAT DENGAN TOYOTA PRIUS PHEV, LINE-UP BARU TAM

Kenal Lebih Dekat dengan Toyota Prius PHEV, Line-Up Baru TAM

PT TAM telah memperkenalkan line-up kendaraan ramah lingkungan terbarunya Toyota Prius PHEV.

Rabu, 18 Maret 2020 13:45 Editor : Cornelius Candra
Kenal Lebih Dekat dengan Toyota Prius PHEV, Line-Up Baru TAM
Toyota Prius PHEV (TAM)

OTOSIA.COM - Pada Selasa kemarin (17/3), PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan line-up kendaraan ramah lingkungan terbarunya, Toyota Prius PHEV (Plug-In Hybrid Electric Vehicle). Peluncuran mobil ini dilakukan secara tertutup lantaran pandem Covid-19 di Indonesia.

Hanya saja, untuk sementara Toyota Prius PHEV belum dijual ke masyarakat umum. Saat ini, PT TAM bekerja sama dengan perusahaan penyedia transportasi online, GoFleet. Namun, ada kemungkinan sedan tersebut nantinya akan beredar bebas di pasar otomotif Indonesia.

1 dari 4 Halaman

Secara fisik, Toyota Prius PHEV terlahir sebagai sedan yang kental dengan nuansa futuristik dan sporty. Sektor depannya dihuni gril dengan lubang kecil yang meruncing, LED headlight, serta logo Toyota dengan aksen biru, khas line-up mobil hybrid mereka.

Aura senada juga sukses dimunculkan bagian sampingnya. Toyota Prius PHEV dibekali velg 15 inci dual-tone dan terdapat garis-garis tegas di pintunya. Sedangkan sektor belakangnya tak kalah menarik berkat LED taillight yang meruncing.

2 dari 4 Halaman

Toyota Prius PHEV dibangun di atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang membuat pengendaliannya lebih stabil dan presisi. Interiornya pun tampil canggih berkat head-unit display 8 ini.

"Salah satu kelebihan Prius PHEV adalah kemampuan baterai yang lebih besar dan model pengisian baterai melalui sumber eksternal. Fleksibilitas mobil ini juga telah teruji karena mempunyai driving range yang panjang," tulis TAM di siaran pers yang diterima redaksi Otosia.

3 dari 4 Halaman

Untuk urusan performa, Toyota Prius PHEV mengandalkan mesin 2ZR-FXE 1.800 cc bertenaga 98 ps dan torsi 142 Nm. Dapur pacu tersebut disokong motor listrik 1 NM/ISM dengan daya dan torsi masing-masing 98 ps dan 142 Nm.

Dalam mode BEV (Battery Electric Vehicle) atau tanpa mesin, Toyota Prius PHEV mampu melaju sejauh 68,2 km. Tambahan jarak tersebut membuat mobil ini memiliki fleksibilitas yang lebih baik sehingga penggunaannya semakin optimal.

4 dari 4 Halaman

Motor listrik Toyota Prius PHEV ini disokong baterai Lithium-Ion 315,5V 8,8 kW. Untuk pengisian dayanya hanya membutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220V 16A.

Tak lupa, terpasang sejumlah fitur keselamatan canggih dari paket Toyota Safety Sense (TSS) yang berisi Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control (VSC).

BERI KOMENTAR